ASDP hadirkan fasilitas pendukung bagi pemudik di Pelabuhan Ciwandan

id Lampung, asdp, bakau, merak, ciwandan, pemudik, arus mudik, pelabuhan

ASDP hadirkan fasilitas pendukung bagi pemudik di Pelabuhan Ciwandan

Arus mudik - ASDP hadirkan fasilitas pendukung bagi pemudik di pelabuhan Ciwandan (ANTARA/HO-ASDP)

Bandarlampung (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyediakan sejumlah fasilitas pendukung yang dapat diakses, khususnya pemudik motor di Pelabuhan Ciwandan, Banten selama arus mudik Angkutan Lebaran yang dimulai pada pada 14 April 2023 lalu.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan bahwa ASDP bersinergi dengan PT Pelindo dalam penyediaan fasilitas pendukung di Pelabuhan Ciwandan, yang dapat diakses oleh pemudik sehingga mendapatkan experience perjalanan mudik dengan kapal ferry, yang aman, nyaman, tertib, dan selamat. 

"Pelabuhan Ciwandan menjadi prasarana yang disiapkan untuk melayani para pemudik motor dari Jawa menuju Sumatera, dengan rute Ciwandan - Bakauheni, dan Ciwandan - Panjang. Para pemudik motor dapat mengakses layanan dari Ciwandan, dimana terdapat lahan parkir kosong yang telah "disulap" sebagai akses tollgate bagi pemudik motor," kata Shelvy, Selasa.

Beberapa fasilitas yang telah disediakan di area Pelabuhan Ciwandan antara lain adalah ruang tunggu, ruang ibu menyusui, ruang bermain anak, dan toilet portabel yang terbagi baik di sudut area parkir motor maupun di jalan masuk menuju dermaga.

Adapun ruang tunggu penumpang yang disediakan dilengkapi dengan kursi yang nyaman, fasilitas pendingin udara, serta charging center bagi para pemudik yang ingin mengisi daya perangkat elektronik mereka. Tidak hanya itu, ASDP juga menyiapkan ruangan khusus Ibu Menyusui bagi para Ibu yang hendak memberikan ASI. Sejumlah 40 toilet portabel juga telah disediakan dan terbagi baik di sudut area parker motor maupun di jalan masuk menuju ke dermaga, sehingga para pemudik tidak kesulitan saat mencari toilet selama menunggu waktu penyeberangan.

Sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan arus mudik di Pelabuhan Ciwandan, juga tersedia Bazaar UMKM yang disiapkan PT Pelindo bagi para pemudik yang ingin membeli berbagai produk lokal seperti makanan dan minuman di sekitar pelabuhan.