BPBD Pesisir Barar catat 20 bencana terjadi selama Januari-Februari 2023

id BPBD ,pesisir barat,Lampung

BPBD Pesisir Barar catat 20 bencana terjadi selama Januari-Februari 2023

Sekretaris BPBD Pesisir Barat Hermansyah di Krui (ANTARA/Riadi Gunawan)

Pesisir Barat (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Barat Lampung mencatat sebanyak 20 kali terjadi bencana di daerah itu terhitung  Januari sampai  28 Februari 2023.

"Jadi untuk total kejadian bencana di Pesisir Barat ada 20 kali kejadian bencana, dan yang paling banyak adalah bencana cuaca ekstrem," kata Sekretaris BPBD Pesisir Barat Hermansyah di Krui, Kamis (02/02/2023).

Dirinya menjabarkan dari 20 bencana tersebut terdapat di Kecamatan Bengkunat 4 kali, Ngaras 3 kali, Way Krui 3 kali, Lemong 3 kali, Pesisir Tengah 2 kali, dan Pulau Pisang 1 kali bencana.

Menurut dia, kejadian bencana cuaca ekstrem yang menjadi bencana paling sering terjadi yakni sebanyak 10 kali dan mengakibatkan korban jiwa 2 orang.

Selain itu, kata dia, yang sering terjadi juga adalah gempa bumi terhitung dari awal Januari sampai Februari ini terdapat 4 kali gempa bumi.

"Banjir satu kali kejadian, kebakaran tiga kali, cuaca ekstrim 10 kali, abrasi satu kali, longsor satu kali dan gempa bumi empat kali," kata dia.

Meskipun demikian, jika dilihat dari total kejadian bencana tersebut, sampai saat ini belum ada laporan total kerugian.

"Untuk total kerugian akibat bencana tersebut sampai saat ini belum ada laporan total kerugian karena memang untuk bencana masih skala ringan," ujar dia.

Maka dari itu, ia mengimbau agar masyarakat tetap waspada, terutama ketika beraktivitas di luar, serta tetap mengikuti informasi dari sumber informasi kebencanaan resmi atau BMKG.