Kades Sidosari imbau warga waspadai penculikan

id lampung, lampung selatan, lamsel, sidosari, simbaringin, kades, kepala desa, penculilkan, himbauan penculikan, himbauan

Kades Sidosari imbau warga waspadai penculikan

Kades Sidosari himbau warga waspda penculikan (ANTARA/HO)

Lampung Selatan (ANTARA) - Mencuat isu percobaan penculikan anak yang juga sempat beredar informasi terjadi di beberapa wilayah di Provinsi Lampung. Untuk itu, Kepala Desa Sidosari, Fadli Irawan, melalui selebaran yang beredar, orang tua agar mengawasi secara ketat anak-anak mereka, saat bermain di luar rumah maupun pulang sekolah.

“Sudah banyak laporan yang saya terima. Sebelum terjadi dan jangan sampai ada korban penculikan anak di Desa Sidosari ini,” Fadil Irawan, di Bandarlampung, Kamis.

Selain mengantisipasi terjadinya penculikan yang saat ini heboh, pengawasan anak secara ketat juga untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Bukan hanya penculikan saja harus diwaspadai. Kecelakaan juga sangat rentan terjadi apabila anak-anak itu tidak diawasi. Saya minta orang tua jangan lengah,” ucapnya.

Lanjutnya, Fadil mengatakan, ada beberapa imbauan yang harus masyarakat perhatikan yaitu, pertama pastikan keberadaan anak dari berangkat sekolah hingga pulang sekolah, selamat sampai tujuan, kedua antar jemput anak pulang sekolah sendiri atau melalui orang yang dikenal, ketiga batasi bermain di luar sekolah dan lingkungan.

Selanjutnya, pastikan anak dalam pantauan orang tua, berikan edukasi kepada anak untuk tidak menerima sesuatu dan berinteraksi lebih dengan orang yang tidak dikenal.

Ia menjelaskan, segera laporkan kepada pihak desa, apabila terdapat gerak gerik orang yang mencurigakan ke nomor yang tercantum di selebaran tersebut.

“Kami minta semua pihak harus mengawasi, kalau di sekolah kan ada guru memantau siswa-siswi ini. Kami juga minta kepada orang tua untuk mengantarkan jemput anaknya supaya lebih aman,” katanya.

Kepala Dusun Simbaringan, Abdul Haris mengatakan juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Dusun Simbaringin agar tetap waspada terhadap percobaan penculikan yang sedang marak.

“Semua orang tua yang memiliki anak untuk bisa mengawasi secara ketat, bila sekolah bisa di anter dan jemput langsung. Saat bermain di depan rumah juga harus di awasi agar keluarga kita tidak menjadi korban penculikan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,”katanya

Haris meminta kepada seluruh masyarakat Dusun Simbaringin untuk tetap waspada kepada orang-orang yang mencurigakan. Serta awasi buah hati agar tidak menjadi korban penculikan.