Praktisi Jurnalistik: Penggunaan gawai efisien pada era digital

id Lampung,Bandarlampung.,Praktisi jurbalistik

Praktisi Jurnalistik: Penggunaan gawai efisien pada era digital

Personel LKBN ANTARA Biro Lampung sedang mengikuti pelatihan fotografi dan videografi dalam rangka HUT ke-85 LKBN ANTARA. Bandarlampung, Senin, (12/12/2022). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Praktisi Jurnalistik Sugiyanto mengatakan bahwa penggunaan gawai atau telpon pintar cukup efisien dalam membantu tugas dan kinerja jurnalis pada era digital.

"Saya pernah sampaikan pada tujuh tahun lalu bahwa penggunaan gawai ke depan akan semakin masif untuk kegiatan jurnalistik," kata Produser CNN Indonesia Lampung itu, saat memberikan pelatihan penggunaan gawai android untuk videografi jurnalistik dan edit video bagi personel LKBN ANTARA Biro Lampung, di Bandarlamung, Senin.

Ia mengatakan bahwa saat ini banyaknya penggunaan gawai android untuk kegiatan jurnalistik dikarenakan adanya fitur pendukung fotografi serta videografi yang serupa dengan kamera profesional sehingga memudahkan dan mempercepat pekerjaan jurnalistik.

"Oleh karena itu sekarang kita bisa lihat penggunaan gawai semakin penting, terutama untuk kepentingan jurnalistik, baik foto maupun video, sehingga ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh kawan-kawan jurnalis," kata dia.

Menurutnya pula, penggunaan gawai dalam menjalankan tugas jurnalistik bukanlah alat utama namun sebagai alat penunjang kegiatan jurnalistik yang sangat efektif.

"Itu yang harus diingat oleh teman-teman jurnalis karena secara fungsi gawai masih tetap sebagai alat komunikasi, sebab kalau kita sudah menempatkannya sebagai alat utama gawai akan membuat fungsinya berbeda," kata dia.

Sebab, lanjut dia, secara kualitas gambar baik fotografi dan videografi kamera profesional tentu jauh lebih baik dari gawai.

"Dari sisi fungsi saya tidak bisa melupakan kamera profesional. Tapi dari sisi kecepatan gawai android cukup efektif dan efisien karena pengiriman berita dan sampainya ke masyarakat bisa lebih cepat namun dari sisi kualitas tentu belum sebagus menggunakan kamera," kata dia.