Pemkot Metro raih tiga penghargaan di STBM AWARD 2022

id Stbmaward

Pemkot Metro raih tiga penghargaan di STBM AWARD 2022

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin menerima piagam penghargaan STBM AWARD dari Wamenkes RI Dante Saksono Harbuwono di Discovery Hotel Ancol, Rabu (17/11). (ANTARA/Istimewa)

Metro (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro berhasil menyabet tiga penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI yaitu sebagai kota Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan, kota terbaik STBM Berkelanjutan katergori Supply Creation dan penghargaan kota dengan penerapan lima pilar STBM. 

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wamenkes Dante Saksono Harbuwono kepada Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin dalam acara penghargaan bidang kesehatan lingkungan tahun 2022 Kemenkes RI di Discovery Hotel Ancol, Jakarta, Rabu.

"Alhamdulillah hari ini Kota Metro kembali berhasil meraih prestasi. Kita mendapatkan tiga penghargaan STBM sekaligus dari Kemenkes RI," kata Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin di Jakarta. 

Ia menjelaskan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat atas keberhasilan suatu daerah dalam mengubah perilaku hidup bersih dan sehat serta kemampuan dalam melahirkan inovasi-inovasi baru berbasis lima pilar STBM. 

"Dan kita berhasil menerapkan itu. Pada tahun 2021 lalu kita juga mendapatkan penghargaan dalam STBM Berkelanjutan," ucapnya.

Menurut dia, diraihnya penghargaan ini berkat upaya Pemkot Metro bersama OPD terkait yang terus memberikan edukasi secara masif kepada masyarakat untuk mendorong budaya hidup sehat.

"Tentunya kita memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya untuk buang air besar tidak sembarangan, kemudian ada cuci tangan, pangan sehat, lingkungan yang sehat itu juga termasuk," katanya lagi.

Kedepan, tambah Wahdi, Pemkot Metro akan terus melakukan upaya dan inovasi agar STBM di Kota Metro semakin baik dan derajat kesehatan masyarakat Bumi Sai Wawai semakin meningkat.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2022