Jawa Barat rekrut 108 pencipta konten jadi duta pariwisata

id pariwisata jawa barat,ridwan kamil,gubernur jawa barat,konten kreator,ambasador pariwisata,duta pariwisata

Jawa Barat rekrut 108 pencipta konten jadi duta pariwisata

Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat (Disparbud Jawa Barat) merekrut 108 konten kreator yang menjadi ambasador pariwisata yang bertugas mempromosikan destinasi wisata di Jawa Barat melalui akun media sosial mereka masing-masing. (ANTARA/HO-Humas Disparbud Jabar)

Bandung (ANTARA) - Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat merekrut 108 kreator konten menjadi duta pariwisata yang bertugas mempromosikan destinasi wisata di provinsi itu melalui akun media sosial mereka masing-masing.

"Jadi ini merupakan cara baru dalam mempromosikan sektor wisata yang memposisikan diri sebagai tulang punggung ekonomi Jawa Barat saat ini. Terlebih, Jawa Barat menargetkan 40 juta kunjungan wisata untuk tahun ini," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil seusai acara Pengukuhan 108 Duta Pariwisata di Bandung, Selasa.
 
Ridwan Kamil mengatakan fenomena mempromosikan wisata tidak bisa lagi dengan teori lama, seperti pasang baliho besar-besaran. "Pola promosi hari ini berbeda," ujarnya. 
 
Pendekatan promosi lewat dunia digital, lanjutnya, menjadi pilihan saat ini mengingat keterikatan masyarakat dengan media sosial sangat erat.
 
"Dikarenakan saat ini kita hidup di era digital maka digital marketing jadi pilihan. Nah digital marketing juga kita tidak menyewa kantor besar tapi gunakan citizen journalism," kata Ridwan Kamil. Sehingga, lanjutnya, duta wisata Jabar dengan108 konten kreator yang pengikutnya banyak. 
 
Ridwan Kamil berharap hadirnya konten promosi wisata tersebut bisa menjadi referensi, sekaligus merekam destinasi wisata baru yang belum banyak dikenal masyarakat.
 
"Jadi ke-108 ambasador pariwisata ini nanti hasilnya akan membanjiri gawai orang yang datang ke Jabar, sehingga berakhir pada naiknya kunjungan pariwisata dimana kita sebenarnya tidak terlalu fokus pada wisatawan asing," katanya.
 
Jawa Barat, kata dia, fokus pada regional turis. Ia berharap dengan demikian, mudah-mudahan ekonomi bangkit, tempat wisata ramai. "Sambil saya titipkan tak hanya mempromosikan tapi mengedukasi agar wisatawan bertanggung jawab lewat konten mereka," katanya. 
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jawa Barat rekrut 108 konten kreator promosikan pariwisata