Pesisir pantai di Bandarlampung jorok dipenuhi sampah

id pesisir lampung, sampah, tata kelola sampah, pantai

Pesisir pantai di Bandarlampung jorok dipenuhi sampah

Ilistrasi - Kegiatan bersih-bersih pantai di Teluk Lampung. ANTARA/Agus Wira Sukarta

Bandarlampung (ANTARA) - Kondisi kebersihan pesisir pantai di Kota Bandarlampung memprihatinkan dan jorok akibat banyaknya sampah baik dari aktivitas industri maupun rumah tangga.

"Kondisi kebersihan di Kota Bandarlampung masih memprihatinkan terutama di pesisir pantai, padahal wilayah tersebut memiliki potensi bahari yang besar," kata Koordinator Yayasan Gajahlah Kebersihan Lampung Dicky Dwi Alfandy, Minggu.

Ia menyebutkan, selain karena masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, di beberapa wilayah juga masih ada perusahaan yang membuang limbah tidak pada tempatnya.

Untuk mengatasi permasalahan itu, menurutnya, semua pihak harus ikut bertanggung jawab dan peduli terhadap kondisi lingkungan hidup terutama di pesisir pantai Teluk Lampung.

Dia menyebutkan aksi bersih pantai misalnya merupakan bentuk kepedulian dan dukungan dalam upaya menjaga lingkungan hidup. Pihaknya juga memiliki kegiatan riset sampah terutama di wilayah pesisir, melakukan pemberdayaan masyarakat untuk mendaur ulang sampah, karena sampah memiliki nilai ekonomi yang bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan warga jika diolah dengan tepat.

Dirinya berharap pemerintah daerah dapat menyinergikan program mengenai lingkungan hidup dan pengelolaan sampah dengan menggandeng perusahaan, komunitas maupun pemangku kepentingan terkait lainnya, agar dapat lebih tepat sasaran dan persoalan yang ada bisa cepat teratasi.

"Kami sangat peduli terhadap lingkungan, karena kami melihat ke depan dan saat ini lingkungan hidup merupakan tulang punggung kita," ujarnya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung Murni Rizal mengatakan secara umum kondisi kebersihan pantai yang harus diperhatikan di sekitar Teluk Lampung yang berada di Kota Bandarlampung, sementara untuk kebersihan wilayah pantai di kabupaten/kota masih cukup baik.

Ia mengharapkan kondisi lingkungan pesisir pantai yang bersih, asri dan nyaman, agar wisatawan yang berkunjung ke pantai dapat menikmati indahnya panorama alam.

"Tata kelola sampah pesisir pantai menjadi perhatian serius semua pihak, agar persoalan sampah dapat teratasi," katanya.