Tiga ketua UKM di IAIN Ambon terancam dinonaktifkan

id IAIN Ambon ,UKM

Tiga ketua UKM di IAIN Ambon terancam dinonaktifkan

Warek III IAIN Ambon, M. Faqih Seknun. ANTARA/dokumentasi

Ambon (ANTARA) - Tiga Ketua Unit kegiatan mahasiswa (UKM) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon terancam dinonaktifkan,   apabila tidak sejalan dengan aturan lembaga.

Tiga UKM tersebut, yakni UKM Pers Mahasiswa Lintas, UKM Seni, dan UKM Olahraga.

“Kalau mereka melaksanakan kegiatan atau aktivitas yang mendukung kampus atau sejalan dengan kampus ya kita mendukung. Tapi kalau di luar itu, kita akan evaluasi. Jadi ketuanya nanti dinonaktifkan supaya tidak pakai lembaga seenaknya,” kata Warek III IAIN Ambon, M. Faqih Seknun, Jumat.

Ia mengatakan, tiga UKM tersebut dianggap bersatu karena selalu melakukan kegiatan yang tidak mengikuti tata tertib kampus IAIN Ambon.

“Karena satu persoalan, mereka bertiga gabung. Lalu apa fungsinya UKM di bawah IAIN Ambon, yang kita berikan anggaran untuk buat kegiatan, tapi yang diberikan tidak pernah posifit dan publish nama baik kampus,” katanya.

Kata Seknun, ancaman untuk masing-masing ketua dari ketiga UKM ini karena dianggap sama-sama menyinggung lembaga dalam satu kegiatan UKM seni terkait pemajangan karya seni yang perlihatkan kalimat soal pelecehan seksual di Kampus Indonesia.

“Kan kemarin itu yang dibuat mereka kan menyinggung lembaga, soal pelecehan seksual di Indonesia. Itu kan dia bawa masalah dari luar ke dalam kampus ini,” tandasnya.

Menurutnya, harusnya setiap UKM kampus selalu mendukung kampusnya sendiri, bukan mencari-cari kesalahan kampus lalu disebarkan ke luar.

“UKM itu harusnya bersatu dengan kampus, untuk meningkatkan kualitas dan memajukan kampus. Bukan sebaliknya. Kalau cari-cari kesalahan kampus, memangnya kamu siapa, sudah diberikan anggaran tapi kamu gunakan anggaran itu untuk apa,” terangnya.

Ia menegaskan, ke depannya akan melihat perkembangan tiga UKM tersebut. Apabila ke depannya masih tidak mendukung, sesuai dengan prosedur lembaga atau akademik IAIN Ambon, maka akan dipertimbangkan dan ketuanya dinonaktifkan.

“Jadi akan dievaluasi kembali dalam rangka harus sejalan dengan IAIN Ambon. Tapi kalau mereka buat yang aneh-aneh silakan saja bergabung dengan yang luar saja, dan jangan di sini lagi,” tegasnya.

Seknun menambahkan, apabila ketuanya sudah dinonaktifkan, UKM tersebut tidak akan diakomodasi lagi hingga musyawarah berlangsung dan di SK-kan kembali oleh pihak lembaga.

“Saya tidak tentukan waktu, tapi kalau tidak sejalan, kita tidak akan akomodir lagi. Kita tidak pakai aja gitu. Kita kan berikan anda anggaran, itu hak kalian. Tapi kewajiban kalian juga memberikan motivasi dan kemajuan di kampus ini,” katanya.