Rawan pohon tumbang, Wali Kota Metro minta pangkas pohon tua

id Pohontumbang

Rawan pohon tumbang, Wali Kota Metro minta pangkas pohon tua

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin saat diwawancarai awak media, Kamis (13/6). (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin meminta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait melakukan pemangkasan pada pohon yang sudah berusia tua untuk mengantisipasi adanya pohon tumbang.

Wahdi mengatakan, Kota Metro rawan pohon tumbang ditambah lagi saat ini sering terjadi hujan lebat disertai angin kencang. Karena itu, pohon yang berusia tua harus dipangkas agar tidak membahayakan masyarakat.

"OPD terkait harus bekerjasama mengantisipasi adanya pohon tumbang ini. Jadi dalam jangka pendek pohon yang berusia tua harus dipangkas," kata dia, di Metro, Kamis.

Kemudian, pohon yang dipangkas dan sudah mati tersebut diganti dengan pohon yang baru untuk penghijauan dan tidak merusak lingkungan. 

"Revitalisasi pohon yang ada di Kota Metro juga nanti harus melihat pohon apa yang paling cocok. Jangan nanti asal pohon yang di tanam, dan dalam melakukan saya minta melihat agar menjadi pembangunan yang berkelanjutan   tidak merusak lingkungan," jelasnya. 

Ke depan,  pihaknya akan membentuk tim yang terdiri dari unsur pemerintah dan masyarakat hingga tingkat kelurahan untuk memantau lingkungan sekitarnya. 

"Kami akan bentuk satu integrasi, kolaborasi, dan emergensi masuk ke tingkat kelurahan sampai ke bawah bukan hanya pohon tumbang saja. Tetapi juga infrastruktur jalan dan fasilitas lainnya juga harus sama menjaganya. Kenapa kita sampai tingkat bawah itu berguna juga dalam menghidupkan kembali nilai-nilai gotong royong di masyarakat," jelasnya.
Pewarta :
Editor : Agus Wira Sukarta
COPYRIGHT © ANTARA 2022