Hujan lebat disertai angin kencang di Metro, satu rumah dan enam kendaraan tertimpa pohon

id Pohontumbang,pohon tumbang metro

Hujan lebat disertai angin kencang di Metro, satu rumah dan enam kendaraan tertimpa pohon

Petugas BPBD Kota Metro tengah memotong ranting pohon akasia yang tumbang di Shopping Centre, Metro, Jumat (18/12/2020) siang. (Antaralampung.com/istimewa)

Iya hari ini hujan cukup lebat, angin juga bertiup kencang
Metro (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Metro, Provinsi Lampung menyebutkan terdapat empat laporan pohon tumbang di kota ini akibat hujan lebat disertai angin kencang pada Jumat siang. 

Pohon tumbang di Kelurahan Mulyojati, Kecamatan Metro Barat menimpa sebuah rumah, di Shopping Centre menimpa tiga mobil dan dua sepeda motor, dan di Pasar Tejoagung pohon tumbang menimpa satu mobil. 

"Iya hari ini hujan cukup lebat, angin juga bertiup kencang, hingga sore ini pukul 16.30 WIB sudah terdapat tiga laporan pohon tumbang, yaitu di Mulyojati yang menimpa sebuah rumah, Pasar Tejoagung menimpa satu unit mobil, dan di area parkir pasar Shopping Centre Metro yang menimpa lima kendaraan, tiga mobil dan dua sepeda motor," kata Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kota Metro Rahmat melalui sambungan telepon.

Dia menyatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, kerugian akibat pohon tumbang tersebut diperkirakan hingga puluhan juta rupiah.

"Tidak ada korban jiwa, namun karena hujan beberapa alat pangkas mengalami kerusakan. Rata-rata putus mata rantai gergaji mesin, untuk sementara terparah terjadi di Pasar Metro," ujarnya pula. 

Rahmat menjelaskan, BPBD Kota Metro sudah membagi beberapa tim untuk memangkas ranting-ranting pohon yang tumbang tersebut. 

"Mendapat laporan kami langsung meluncur ke lokasi kejadian, semua berlangsung lancar," ujarnya pula. 

Pihaknya mengimbau masyarakat Kota Metro untuk hati-hati serta tidak panik, dan cepat melaporkan ke BPBD jika ada informasi bencana. 

"Saat ini kami masih siaga apabila ada laporan masuk bila terjadi pohon tumbang, dikarenakan hingga saat ini hujan belum juga reda, dan kami mohon masyarakat untuk tidak panik dan cepat melaporkan bila ada informasi bencana akibat pohon tumbang," katanya pula.
Baca juga: Pohon besar tumbang menimpa kios pasar way Jepara
Baca juga: Pohon tumbang timpa delapan rumah warga