Berita pekan ini, Bupati Pesisir Barat ajak masyarakat bersih-bersih pantai

id bupati pesisir barat, bersih-bersih pantai, pariwisata

Berita pekan ini, Bupati Pesisir Barat ajak masyarakat bersih-bersih pantai

Penjabat Bupati Pesisir Barat Bambang Sumbogo (tengah) (ANTARA/HO)

Pesisir Barat (ANTARA) - Penjabat Bupati Pesisir Barat, Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo mengajak masyarakat dalam pengembangan kemitraan pariwisata melalui kegiatan bersih-bersih pantai.

“Kami mengajak masyarakat untuk bisa peduli kepada lingkungan, khususnya wisata pinggir pantai, agar pariwisata yang ada bisa bangkit di tengah situasi pandemi COVID-19,” kata Bambang Sumbogo.di Pesisir Barat, Selasa.

Menurutnya, untuk membangkitkan pariwisata itu bukan hanya tugas pemerintah, tetapi peran serta dari masyarakat juga sangat mempengaruhi tumbuh kembang pariwisata yang ada di daerah ini.

Bambang menjelaskan dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, pariwisata merupakan salah satu sektor utama ekonomi nasional.

Pariwisata, lanjutnya, mempunyai peran penting dalam pembangunan fisik dari aspek ekonomi, sosial, dan budaya.

"Melalui pembangunan sektor pariwisata, masyarakat lokal dapat terbantu secara langsung maupun tidak langsung dalam taraf perekonomiannya, begitu juga dengan dunia usaha yang akan semakin menggeliat dengan banyaknya wisatawan yang datang," jelasnya.

Selain itu, dalam rangka menciptakan suasana pembangunan pariwisata yang kondusif, dibutuhkan sinergi antaraktor sosial yang ada. Aktor sosial di sini meliputi masyarakat, pemerintah, dan swasta, dengan fungsi serta peran masing-masing.

Semua aktor sosial tersebut harus berjalan bersama untuk mencapai sinergitas pembangunan pariwisata yang lebih optimal.

Ia menegaskan bahwa pariwisata merupakan industri yang kelangsungan hidupnya sangat ditentukan oleh baik buruknya lingkungan.

"Tanpa lingkungan yang baik pariwisata tidak mungkin berkembang dengan baik. Karena itu, pengembangan pariwisata sudah seharusnya memperhatikan terjaganya mutu lingkungan, sebab dalam industri pariwisata lingkungan itulah yang menjadi nilai jual utama," pungkasnya.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar