KPU Bandarlampung berdayakan relawan demokrasi sosialisasikan Pilkada

id Pilkada,KPU,Relawan Demokrasi

KPU Bandarlampung berdayakan relawan demokrasi sosialisasikan Pilkada

KPU gelar sosialisasi pilkada dengan memberdayakan relawan demokrasi guna meningkatkan partisipasi pemilih pada hari pencoblosan 9 Desember 2020. Minggu. (18/10/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - KPU Bandarlampung memberdayakan relawan demokrasi guna menyosialisasikan dan mengajak pemilih atau masyarakat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 9 Desember 2020.

"Kami telah membentuk relawan demokrasi yang bertugas menyosialisasikan Pilkada 9 Desember 2020, ke sepyluh basis pemilih," kata kata Komisioner KPU Kota Bandarlampung Divisi SDM Hamami, di Bandarlampung, Minggu.

Ia menyebutkan bahwa sepuluh basis pemilih yang menjadi sasaran relawan demokrasi tersebut yakni pemilih pemula, pemuda, keluarga, perempuan, berkebutuhan khusus, marjinal, disabilitas, warga net, agama, komunitas.

Dia menjelaskan, selain menyosialisasikan bahwa pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang ada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bandarlampung, relawan demokrasi juga akan bertugas memberitahukan kepada basis-basis tersebut terdapat 12 hal baru pada pilkada tahun ini.

"12 hal baru ini yakni ada 500 pemilih dalam satu tempat pemungutan suara (TPS), pengaturan kedatangan pemilih, disinfektan TPS, memakai pelindung wajah, tidak bersalaman, memakai tinta tetes, KPPS sehat, cek suhu, masker, mencuci tangan dan tidak berdekatan," jelasnya.

Hamami menyebutkan bahwa relawan demokrasi tersebut akan melakukan kegiatan sosialisasi pilkada sebanyak empat kali kepada setiap basisnya hingga menjelang hari pencoblosan kepala daerah.

Ia pun berharap dengan adanya sosialisasi kepada basis pemilih ini partisipasi masyarakat Bandarlampung pada pilkada serentak mendatang akan meningkat meskipun di tengah pandemi COVID-19.

"Tentunya kami berharap basis-basis yang diberikan sosialisasi ini dapat menyampaikan kepada lingkungannya, teman-temannya ataupun orang tuanya bahwa pada 9 Desember 2020 nanti ada pilkada serentak dan ada 12 hal baru dalam pencoblosan di TPS," jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, guna menjangkau masyarakat di pemukiman padat penduduk serta pesisir Kota Bandarlampung, KPU juga terus melakukan giat sosialisasi melalui panitia pemilihan kecamatan (PPK).

"Jadi untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan mengajak masyarakat menyuarakan hak pilihnya kami juga memperdayakan PPK di 126 Kelurahan untuk bersosialisasi terkait Pilkada 9 Desember 2020 dan 12 hal baru di TPS ini," kata dia.