Pembangunan sarana hunian tunjang pemulihan sektor pariwisata di Manado-Likupang

id pariwisata,likupang,sulawesi utara,kawasan strategis pariwisata nasional,wisata

Pembangunan sarana hunian tunjang pemulihan sektor pariwisata di Manado-Likupang

Seorang bocah bermain di tepian pantai Pulisan, Likupang. Lokasi ini kemudian dimasukkan dalam Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata. ANTARA/Karel A Polakitan

Manado (ANTARA) - Gubernur Olly Dondokambey optimistis pembangunan sarana hunian pariwisata (sarhunta) di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado-Likupang di Desa Kinunang, Kabupaten Minahasa Utara, menunjang pemulihan sektor pariwisata.

"Pembangunan sarhunta KSPN Manado-Likupang adalah bukti dukungan pemerintah pusat membangun sektor pariwisata Sulut," sebut Gubernur Olly di Manado, Sabtu.

Presiden Joko Widodo, lanjut OLLY Dondokambey, saat berkunjung ke Likupang berkomitmen peningkatan pariwisata di Sulut.

"Hari ini kita bisa lihat secara langsung program lewat Kementrian PUPR yang dibawa dan diserahkan langsung kepada masyarakat. Pembangunan sarhunta ini langsung dilaksanakan oleh masyarakat sendiri,” kata Gubernur.

Baca juga: Industri pariwisata di Sulsel rancang paket wisata normal baru

Sektor pariwisata juga ikut terdampak pandemi COVID-19, karena itu di fase normal baru disiplin mematuhi protokol kesehatan saat menjalankan aktivitas sehari-hari sangat diharapkan, ujarnya.

“Saat ini banyak sekali masyarakat yang jadi pekerja pariwisata di Sulut kehilangan pekerjaan karena turis tidak datang lagi. Mudah-mudahan pembangunan fasilitas yang baru diletakkan batu pertama ini, pariwisata bisa jalan," harap Olly.

Menurut Gubernur, rakyat Sulut harus siap menghadapi normal baru, terbiasa bersama-sama dengan COVID-19.

"Kita jangan melepaskan masker, jangan tinggalkan kebiasaan mencuci tangan sehingga kita bisa melakukan kegiatan ekonomi," sebutnya.

Gubernur Olly optimistis, jika masyarakat menjalankan protokol kesehatan maka wisatawan akan mengunjungi Likupang.

“Kalau ini bisa berjalan dengan baik (protokol kesehatan), satu bulan lagi turis akan datang kembali ke Likupang. Investasi di Likupang akan maju, masyarakat harus siap," ajak Bendahara Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini.

Baca juga: Kegiatan pariwisata di Sleman siap bangkit kembali
Baca juga: Disparpora Kota Serang pastikan objek wisata terapkan protokol kesehatan