Bupati Pesisir Barat bahas pembangunan desa di perbatasan TNBBS

id Lampung, pesisir barat

Bupati Pesisir Barat bahas pembangunan desa di perbatasan TNBBS

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal (tengah) (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) -  

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal memimpin rapat membahas pembangunan desa yang berada di perbatasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

 

“Saya meminta kepada pengelola Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) agar memberikan kelonggaran terkait Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Barat akan membangun desa di dekat TNBBS tersebut,”kata Agus Istiqlal, di Pesisir Barat, Senin.

Menurutnya, salah satunya Pekon Sumberejo yang berbatasan langsung dengan TNBBS, agar pengelola kawasan taman nasional tersebut memberikan kelonggaran dan membantu pemerintah supaya bisa membangun jalan serta bisa memasang instalasi listrik di beberapa pekon yang ada di dekat hutan kawasan tersebut.

Agus mengatakan pihak Pemerintah Kabupaten berjanji akan membangun jalan serta memasang instalasi listrik karena itu hak warga.

“Pastinya Pemkab Pesisir Barat akan memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik untuk kemajuan masyarakat di Pesisir Barat ini," ujarnya.

Pemkab Pesisir Barat, lanjutnya, berharap TNBBS kembalikan hak-hak warga yang ada di dekat perbatasan, dan meminta tanah dengan lebar 10 meter guna membuat jalan.

"Kalau akan dibuat tapal batas jangan hilangkan kewenangan bupati untuk merundingkan secara layak dan santun bahwa dana yang telah pemda anggarkan, agar bisa dibangunkan jalan atau tempat wisata seperti taman dan lain sebagainya,” tambahnya.