Pramuka gelar aksi "peduli bersih" masuki musim hujan

id Pemkot Bandarlampung,Kwarcab Bandarlampung

Pramuka gelar aksi "peduli bersih" masuki musim hujan

Ketua Kwarcab Pramuka Bandarlampung, Eva Dwiana saat di wawancarai usai melakukan aksi "peduli bersih", Rabu. (8/1/2019) (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Bandarlampung secara serentak melakukan aksi "peduli bersih" lingkungan memasuki musim hujan agar kota setempat dapat dijauhkan dari bencana.

"Kegiatan ini sebenarnya rutin pramuka lakukan namun biasanya itu hanya dilaksanakan per kecamatan tapi kali ini kita lakukan serentak di semua kecamatan, sebab diprediksi dalam beberapa hari ke depan intensitas hujan akan tinggi," Kata Ketua Kwarcab Kota Bandarlampung, Eva Dwiana di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan bahwa fokus utama dari aksi bersih lingkungan ini adalah membersihkan selokan ataupun drainase dari sampah agar aliran air tidak tersumbat saat hujan, sehingga dapat mengurangi genangan air di muka jalan.

"Kami melakukan ini tidak sendiri namun dibantu juga dari warga, BPBD dan Dinas PU setempat serta TNI/Polri, kata dia.

Menurut dia terkait masalah banjir yang sering melanda Kota Bandarlampung harus bisa diselesaikan secara bersama-sama baik dari pemerintah maupun masyarakat.

"Masalah banjir adalah masalah kita bersama jadi saya minta jangan saling menyalahkan tapi bagaimana hal ini dapat kita pecahkan dan selesaikan," kata dia.

Di sisi lain, Eva juga meminta anggota Pramuka selalu siap siaga dan menjadi garda terdepan dalam menanggapi peristiwa yang tidak terduga.

"Bunda juga berharap Pramuka Bandarlampung tanpa diperintah jika terjadi apa-apa di lapangan turun bantu. Nanti kalau butuh keperluan nanti akan beri fasilitas," kata dia.
 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar