Libur Natal, ribuan wisatawan banjiri Pantai Glagah Kulon Progo

id Pantai Glagah,Kulon Progo,Libur natal dan tahun baru,Libur panjang,Libur akhir tahun,wisata kulon progo

Libur Natal, ribuan wisatawan banjiri Pantai Glagah Kulon Progo

Pemecah Ombak Pelabuhan Tanjung Adikarto di Kabupaten Kulon Progo menjadi tempat swafoto pengunjung Pantai Glagah. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Ribuan wisatawan membanjiri objek wisata Pantai Glagah, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, selama libur Natal 2019.
Kulon Progo (ANTARA) - Ribuan wisatawan membanjiri objek wisata Pantai Glagah, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, selama libur Natal 2019.

Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Glagah Agus Subiyanto di Kulon Progo, Rabu, mengatakan jumlah kunjungan wisatawan selama lima hari dari Sabtu (21/12) hingga petang Rabu (25/12) mencapai 15.826 wisatawan.

Adapun rinciannya, yakni Sabtu (21/12) sebanyak 1.228 orang, Minggu (22/12) sebanyak 5.034 orang, Senin (23/12) sebanyak 1.687 orang, Selasa (24/12) sebanyak 2.722 orang dan Rabu (25/12) sebanyak 5.155 orang.

"Libur natal tahun ini bersamaan dengan libur sekolah. Sehingga jumlah kunjungan wisatawan sangat banyak. Kami perkirakan jumlah wisatawan mencapai puncaknya pada 1 Januari 2020," kata Agus.
Baca juga: Jamin keselamatan wisatawan, Dishub Kulon Progo cek kendaraan wisata Kebun Teh Nglinggo

Ia mengatakan wisatawan yang datang ke Pantai Glagah kebanyakan dari wilayah Jawa Tengah, seperti dari Magelang dan Salatiga. Jumlah pengungjung memang sangat banyak dibandingkan pada libur Natal dan Tahun 2019.

"Kami tetap optimistis jumlah kunjungan wisatawan ke Pantai Glagah terus berdatangan hingga 1 Januari 2020," katanya.

Sementara itu, Wakapolres Kulon Progo Kompol Dedy Surya Dharma mengatakan pihaknya mendirikan dua pos pelayanan (posyan) di objek wisata Pantai Glagah dan Kalibiru karena diprediksi akan menjadi tujuan utama saat libur natal dan tahun baru nanti.

Dedy mengatakan Posyan di Kalibiru akan bertugas mengatur lalu lintas menuju dan keluar di kawasan objek wisata Pule Payung, Kalibiru dan Canting Mas. Di saat libur, objek wisata tersebut paling banyak dikunjungi wisatawan.

"Kami juga minta pelaku wisata dan penyedia jeep untuk memberikan jaminan keselamatan kepada wisatawan," katanya.

Kemudian, Posyan di Pantai Glagah difokuskan mengatur lalu lintas dan mengawasi pengunjung pantai supaya tidak terjadi kecelakaan laut.

"Saat ini, gelombang sedikit besar. Kami tidak ingin terjadi sesuatu yang tidak diharapkan," katanya.
Baca juga: Menparekraf-Wamenparekraf kunjungi Kebun Teh Nglinggo di Kulon Progo DIY
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar