Dispar Kulon Progo tak punya rencana perbaiki jalur wisata Glagah-Congot

id Jalur wisata Glagah-Congot,Kulon Progo,wisata kulon progo

Dispar Kulon Progo tak punya rencana perbaiki jalur wisata Glagah-Congot

Jalur wisat Pantai Glagah-Congot Kabupaten Kulon Progo rusak parah. Sehingga secara mandiri, pelaku wisata menambal jalan yang rusak. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak memiliki rencana untuk memperbaiki jalan wisata Pantai Glagah-Congot di selatan Bandara Internasional Yogyakarta.
Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak memiliki rencana untuk memperbaiki jalan wisata Pantai Glagah-Congot di selatan Bandara Internasional Yogyakarta.

Kepala Seksi Sarana Prasarana Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Kulon Progo Fitrianawati di Kulon Progo, Kamis, mengatakan jalan Congot-Glagah, bukan jalur wisata sehingga perbaikan bukan ranah Dinas Pariwisata.

"Berdasarkan rencana detail teknis (DED) penataan Pantai Glagah, jalan tersebut besar kemungkinan tidak lagi digunakan. Lahan di selatan Bandara Internasional Yogyakarta akan menjadi sabuk hijau bandara," kata Fitrianawati.
Baca juga: Pemkab Kulon Progo rintis Kawasan Perdesaan Agrowisata Menoreh Terpadu di dua kecamatan

Ia mengatakan pada 2020, Dinas Pariwisata ada tiga proyek yang digarap berdasarkan APBD murni 2020.

Ketiga proyek itu yakni renovasi Dermaga Wisata Glagah, penataan Pantai Glagah dan rehab kios di kawasan objek wisata Puncak Suroloyo, Kecamatan Samigaluh.

"Untuk pembangun jalan infrastruktur Pantai Glagah tidak masuk dalam perencanaan APBD 2020," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kulon Progo Gusdi Hartono mengatakan pada tahun ini tidak ada rencana perbaikan jalan Congot-Glagah.

Kawasan jalur tersebut akan dijadikan sebagai kawasan sabuk hijau dan wisata hutan berdasarkan DED penataan Pantai Glagah, yang disusun oleh Dinas Pariwisata. “Setahu saya akses jalan itu nanti untuk jalan kaki," katanya.
Baca juga: Libur Natal, ribuan wisatawan banjiri Pantai Glagah Kulon Progo

Ketua Kelompok pelaku wisata "Mandiri Maju Bersama" Sarino Bento mengatakan jalan antara Pantai Glagah sampai dengan Pantai Congot yang berada di selatan Bandara Internasional Yogyakarta rusak parah. Banyak lubang jalan dan genangan air.

Jalur ini menjadi pintu masuk bagi wisatawan ke Pantai Glagah. Akses jalan yang rusak ini menjadikan wisatawan enggan datang ke Pantai Glagah. Padahal selama ini banyak wisatawan dari Purworejo masuk lewat Pantai Congot.

"Satu-satunya akses masuk ke Glagah hanya dari sisi timur melewati Pasar Glagah," katanya.