Asita nilai Soloraya cocok kembangkan pariwisata halal

id ASITA, wisata halal,soloraya

Asita nilai Soloraya cocok kembangkan pariwisata halal

Wakil Ketua Asita Jawa Tengah Daryono (Foto: Aris Wasita)

Selama ini wisata halal banyak mengeksplorasi wisata alam, ini banyak terdapat di Soloraya.
Solo (ANTARA) - Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (Asita) menyatakan kawasan Soloraya cocok dikembangkan sebagai objek pariwisata halal karena potensi alamnya.

"Selama ini wisata halal banyak mengeksplorasi wisata alam, ini banyak terdapat di Soloraya," kata Wakil Ketua Asita Jawa Tengah Daryono di Solo, Senin.

Ia mencontohkan wisatawan asing dari Arab Saudi lebih menyukai wisata alam dataran tinggi. Menurut dia, wisatawan asal Timur Tengah lebih menyukai dataran tinggi karena cuacanya yang dingin.

"Mereka kan berasal dari kawasan panas, jadi ketika ada tempat yang dingin mereka ingin mengeksplorasi itu," katanya.
Baca juga: Pemprov Riau kembangkan pariwisata halal

Ia mengatakan beberapa objek wisata di Soloraya yang menyediakan wisata dataran tinggi di antaranya Kabupaten Boyolali dan Karanganyar.

"Kalau secara nasional, Bogor menjadi lokasi yang cocok untuk dijual sebagai wisata halal," katanya.

Selain daerah dataran tinggi, dikatakannya, yang banyak menarik dieksplorasi untuk wisata halal yaitu wisata belanja. Menurut dia, objek wisata dalam Kota Solo yang layak ditawarkan di antaranya Laweyan dan Kauman.

"Wisatawan halal cenderung 'long term' (waktu lama) dan banyak menghabiskan uang. Mereka senang berbelanja," katanya.
Baca juga: Pelaku usaha pariwisata diminta tak ragu menjual wisata halal

Terkait hal itu, saat ini pihaknya terus memperluas segmentasi pasar khususnya wisatawan asing agar lebih sering mengunjungi Solo.

"Sekarang kan sudah ada penerbangan internasional dari Solo ke Malaysia dan Tiongkok. Kalau Timur Tengah masih lebih banyak menggarap pasar umrah, harapannya ini bisa diikuti penerbangan untuk lebih banyak wisatawan," katanya.