Peringati Muharam, ratusan warga berebut gundukan berisi sayur mayur

id Paguyuban, Tahun Baru Islam, berebut gundukan, Lampung.antaranews.com

Peringati Muharam, ratusan warga berebut gundukan berisi sayur mayur

Warga berebut sayur mayur yang digantung di gundukan dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam (Antaralampung.com/Damiri)

Bandarlampung (ANTARA) - Ratusan warga di Jalan Slamet Riyadi Kota Bandarlampung, berebut gundukan yang berisi sayur mayur yang telah disiapkan dalam memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriah tahun 2019.

"Usai melakukan parade pawai budaya menggunakan kendaraan mobil dan motor yang telah dihias, kemudian kita warga berebut sayur mayur yang telah kita gantung di gundukan," kata Ketua Paguyuban Wangsa Syailendra Ki Ageng Raden Indra Fatahillah di Bandarlampung, Munggu.

Dia melanjutkan parade berebut sayur mayur tersebut mempunyai keberkahan sendiri. Kegiatan tahun menahun itu, berebut sayur mayur sangat ditunggu oleh warga setempat.

"Selain pawai budaya, yang dimintai berebut sayur mayur ini,. Tapi kita rangkaian nya panjang dan ini merupakan puncak," katanya.

Sebanyak  74 paguyuban salah satunya Paguyuban Wangsa Syailendra bersama masyarakat setempat menggelar acara pawai budaya dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah tahun 2019.

Dalam Tahun Baru Islam itu, ada ratusan kendaraan hias mengikuti parade tersebut, selain itu kendaraan warga dari lima kelurahan juga ikut meramaikan acara tersebut.

Ratusan kendaraan hias itu melakukan konpoi melintasi ruas Jalan Slamet Riyadi, Yos Sudarso, Dr Susilo, Pangeran Diponegoro, Salim Batubara, dan Bumi Waras.