Sambut HUT ke-74 RI warga Lampung Timur pasang bendera Merah Putih di depan rumah

id Hut RI, Hut RI ke 74

Bendera Merah Putih yang dipasang warga Lampung Timur di depan rumah / Foto Antaralampung/Muklasin

Lampung Timur (ANTARA) - Dalam rangka menyambut peringatan ulang tahun ke-74 Republik Indonesia warga desa di Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung memasang bendera Merah Putih di depan halaman rumah.

Di banyak desa di Lampung Timur, di depan halaman rumah-rumah warga berdiri tiang bendera Merah Putih.

Mari (45) warga Desa Sukorahayu di Lampung Timur, Jumat (16/8) mengatakan memasang Bendera Merah Putih  di depan halaman rumah sebagai wujud menghormati jasa pahlawan sekaligus merayakan hari  kemerdekaan negara pada 17 Agustus.

"Memasang bendera merah putih  di depan rumah karena saya menghormati jasa-jasa pahlawan dan untuk merayakan hari kemerdekaan," kata Mari.

Mari mengatakan, di sepanjang jalan desanya, depan halaman rumah, banyak warga mendirikan bendera merah putih. Selain itu, memasang bendera umbul-umbul.

Kholid, warga lainnya mengatakan  memasang bendera Merah Putih di depan halaman rumah merupakan simbol cinta sebagai warga negara kepada tanah air dan dalam rangka merayakan hari kemerdekaan.

Saiun, warga Desa Margasari mengatakan pula memasang bendera Merah Putih untuk merayakan hari kemerdekaan negara.

"Saya memasang bendera Merah  Putih untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia," ujarnya.

Sekretaris Kecamatan Labuhan Maringgai, Agustinus Tri Handoko mengatakan surat edaran dari kecamatan kepada warga agar memasang bendera Merah Putih sudah disampaikan kepada masing-masing pemerintah desa sejak 10 Agustus.

Isinya agar pemerintah desa mengimbau warganya memasang bendera Merah Putih sebelum 17 Agustus.

"Memasang bendera Merah Putih untuk memeriahkan HUT RI," kata Agustinus.

Memasang bendera di depan rumah bertujuan agar warga memiliki rasa cinta tanah air.

"Kita  kan sekarang tidak berjuang lagi secara fisik, tidak butuh modal besar seperti sampai mengorbankan jiwa, dengan memasang bendera itu wujud partisipasi memeriahkan  biar punya rasa cinta tanah air," katanya lagi.

Agustinus mengatakan, sebelum upacara pelaksanaan HUT RI , warga Labuhan Maringgai sudah merayakan dengan menggelar aneka lomba dan memasang bendera di depan rumah.

Beragam acara dan lomba akan digelar kembali setelah pelaksanaan upacara HUT RI di pusatkan di  lapangan depan kantor Kecamatan Labuhan Maringgai.
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar