PGN juga berikan pelayanan kesehatan gigi

id Pgn lampung, mobil sehat pgn, pemeriksaan kesehatan, gratis

PGN (AntaraNews Lampung/Agus Wira Sukarta)

Bandalampung (Antaranews Lampung) - Tim Mobil Sehat Perusahaan Gas Negara (PGN) Lampung, memberikan pelayanan kesehatan gratis berupa pemeriksaan gigi dan mulut.
         
"Kami juga memberikan penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut untuk balita dan orang tua oleh  dokter Herman Fadli Harahap, dilanjutkan dengan sesi  tanya jawab tentang kesehatan gigi dan mulut," kata Humas PGN Area Lampung, Heru, di Bandarlampung, Rabu.
         
Kegiatan itu, lanjutnya, berlangsung di Kelurahan Sukamenanti Kecamatan Kedaton, Kota Bandar lampung memberikan layanan kesehatan gratis, sejak pukul 09.30 WIB.
     
 Ia menyebutkan, layanan kesehatan gratis Mobil sehat PGN yaitu pemeriksaan kesehatan umum,  kesehatan gigi, pemeriksaan ibu hamil dan USG, pemberian PMT balita dan lansia, serta cek  metabolik dan golongan darah bagi warga yang membutuhkan.
         
Heru menjelaskan, kesehatan gigi dan mulut adalah sangat penting karena gigi dan gusi yang rusak serta tidak dirawat akan menyebabkan rasa sakit, gangguan pengunyahan dan dapat mengganggu kesehatan tubuh lainnya. 
         
"Mulut merupakan suatu tempat yang sangat ideal bagi perkembangan bakteri. Bila tidak dibersihkan dengan sempurna, sisa makanan yang terselip bersama bakteri akan bertambah banyak dan membentuk koloni yang disebut plak, yaitu lapisan film tipis, lengket dan tidak berwarna," katanya. 
       
 "Plak merupakan tempat pertumbuhan ideal bagi bakteri yang dapat memproduksi asam. Jika tidak disingkirkan dengan melakukan penyikatan gigi, asam tersebut akhirnya akan menghancurkan email gigi dan akhirnya menyebabkan gigi berlubang," jelasnya.
       
  Warga Kelurahan Sukamenanti, Sayuti  (76) mengaku senang karena dapat mengontrol kesehatan gigi, namun tidak berani melakukan pencabutan gigi yang sudah berlubang (karies).
.     
  Namun, dirinya memberanikan diri untuk mencabut gigi, saat ada pemeriksaan gratis oleh mobil sehat PGN 
     
  "Terima kasih kepada tim Mobil Sehat PGN yang telah rutin hadir di sini untuk memberikan layanan kesehatan kepada kami semua, semoga PGN dan rumah zakat semakin sukses lagi," katanya.
       
  Pada kegiatan itu tercatat   pemeriksaan umum sebanyak 105 orang, pemeriksaan gigi  sebanyak tiga orang, cek metabolik sebanyak 29 orang, cek golongan darah sebanyak dua penerima manfaat.
       
 Kemudian, kesehatan ibu hamil dan USG sebanyak dua orang,  
PMT Balita sebanyak 50 penerima manfaat,  PMT Lansia sebanyak 25 orang,  dan penyuluhan kesehatan sebanyak 30 orang.
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar