TNI AU akan kembangkan "Jupiter Aerobatic Team"

id tim aerobatik jupiter, jupiter aerobatic team, marsekal tni yuyu sutisna, kepala staf tni au

Tim Aerobatik Jupiter (JAT) TNI AU sedang melakukan salah satu manuver di udara (Foto : Antaranews com/Dok)

Apresiasi yang kita berikan kepada JAT bukan mengada-ada, karena beberapa Kepala Staf Angkatan Udara negara sahabat yang juga hadir di lokasi memberikan apresiasi tinggi terhadap penampilan JAT, kata mantan Pangkoopsau I itu
Jakarta (Antaranews Lampung) - Keberadaan tim aerobatik TNI AU atau "Jupiter Aerobatic Team" (JAT) akan tetap dipertahankan dan dikembangkan, kata Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

"JAT rencananya akan tetap kita pertahanakan, bahkan TNI AU akan membuat 'flight' tersendiri agar mereka (JAT) dapat lebih fokus berlatih dan tidak dibebankan oleh tugas-tugas instruktur, sehingga kita harapkan dapat tampil pada 'event' internasional yang lebih besar," katanya di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa.

Menurut Yuyu, kiprahnya sebagai duta bangsa yang telah membawa nama harum Indonesia di beberapa ajang kedirgantaraan internasional, membuat JAT layak untuk dikembangkan.

Pemberian penghargaan terkait dengan telah kembalinya JAT tampil di arena pameran kedirgantaraan internasional, Singapore Airshow 2018 yang berlangsung dari 6-11 Februari 2018 di Changi Air Force Base, Singapura.

Penampilan JAT pada ajang dua tahunan itu, telah membawa harum nama Indonesia, di mana performa tim aerobatik yang bermarkas di Skadron Pendidikan (Skadik) 102 Lanud Adisutjipto Yogyakarta selalu mencuri perhatian publik. Dengan 18 manuver khasnya, dalam setiap penampilannya, JAT selalu menjadi idola publik Singapura.

"Apresiasi yang kita berikan kepada JAT bukan mengada-ada, karena beberapa Kepala Staf Angkatan Udara negara sahabat yang juga hadir di lokasi  memberikan apresiasi tinggi terhadap penampilan JAT," kata mantan Pangkoopsau I itu.

Dalam kesempatan itu,  KSAU  Yuyu Sutisna memberikan pin kualifikasi kepada 11 penerbang dan piagam penghargaan kepada kru Tim Aerobatik Jupiter atau JAT atas prestasi yang membanggakan dalam partisipasinya di ajang Singapore Air Show 2018, di Changi Air Force Base, Singapura, beberapa hari lalu.

"Saya selaku Kepala Staf Angkatan Udara memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi serta ucapan terima kasih kepada para penerbang dan 'ground crew' yang tergabung dalam Jupiter Aerobatic Team, atas prestasi yang membanggakan dalam partisipasi di ajang Singapore Air Show 2018, di Changi Air Force Base," kata Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Penyematan pin ini tidak hanya sekadar sebagai bentuk penghargaan semata, namun pin tersebut oleh TNI Angkatan Udara diberikan sebagai kualifikasi dan keahlian yang dimiliki para penerbang dan 'ground crew' dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta pengabdiannya selama bergabung dalam Jupiter Aerobatic Team Angkatan Udara, kata dia.
Pewarta :
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar