Lampung Selatan salurkan 110 ribu liter air bersih selama musim kemarau

id Lampung Selatan ,Damkarmat ,Air bersih

Lampung Selatan salurkan 110 ribu liter air bersih selama musim kemarau

Ilustrasi - Petugas Damkarmat Lampung Selatan menyalurkan bantuan air bersih ke warga. ANTARA/Riadi Gunawan

Penyaluran air bersih ke desa-desa dan kecamatan itu kita mulai sejak 21 Agustus hingga 21 September 2024. Dan telah tersalurkan sebanyak 110.000 liter air bersih

Lampung Selatan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) telah menyalurkan 110 ribu liter air bersih kepada masyarakat selama musim kemarau.

Kepala Bidang Damkar Dinas Damkarmat Lampung Selatan, Rully Fikriansyah, di Kalianda, Selasa, mengatakan penyaluran air bersih tersebut dilaksanakan selama satu bulan.

"Penyaluran air bersih ke desa-desa dan kecamatan itu kita mulai sejak 21 Agustus hingga 21 September 2024. Dan telah tersalurkan sebanyak 110.000 liter air bersih," kata dia.

Ia mengatakan pasokan air bersih akan terus dilakukan secara berkesinambungan untuk membantu warga yang terdampak kemarau.

"Bantuan air bersih ini sebagai bentuk kepedulian dan respons cepat Pemkab Lampung Selatan kepada masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Menurutnya, salah satu penyebab utama kekeringan di wilayah ini musim kemarau yang berlangsung lama.

"Pasokan air bersih ini adalah bantuan dari pemerintah daerah Lampung Selatan dan akan terus dilakukan secara berkesinambungan untuk membantu warga yang terdampak kemarau," ujarnya.

Damkarmat merespons cepat keluhan warga terkait kebutuhan air bersih, kemudian pihaknya langsung menerjunkan mobil pemadam kebakaran untuk mendistribusikan air.

Apabila ada keluhan masyarakat terkait air bersih, pihaknya siap langsung mengirimkan bantuan tersebut untuk warga.

"Untuk warga Lampung Selatan yang memerlukan air bersih silahkan untuk menghubungi nomor call center Damkarmat +62 822-7951-3682, tapi harus kordinasi dengan kepala desa setempat," ujar dia.

Ia juga menjelaskan pihaknya siap menyalurkan bantuan air bersih berapa pun kebutuhan masyarakat asalkan ada surat permohonan yang diajukan secara resmi oleh pemerintah desa setempat.

Oleh karena itu, kata dia, bagi pemerintah desa yang wilayahnya telah terdampak kekeringan diimbau untuk segera mengajukan surat permohonan bantuan air bersih.

Surat permohonan tersebut menjadi dasar petugas Damkarmat Kabupaten Lampung Selatan untuk menyalurkan bantuan air bersih bagi warga yang membutuhkan.

Baca juga: Damkarmat Lampung Selatan tangani 15 kasus karhutla selama musim kemarau

Baca juga: Damkarmat Lampung Selatan edukasi anak usia dini untuk mitigasi kebakaran


Baca juga: Damkarmat Lamsel salurkan 4.000 liter air bersih ke warga terdampak kemarau