Pj Gubernur Lampung dukung rencana Lampung-Banten tuan rumah PON XXIII

id pj gubernur lampung, pon aceh sumut, tuan rumah pon, pon lampung-banten

Pj Gubernur Lampung dukung rencana Lampung-Banten tuan rumah PON XXIII

Penjabat Gubernur Lampung Samsudin saat memantau latihan atlet Lampung yang akan berlaga di PON Aceh-Sumatera Utara. ANTARA/Agus Wira Sukarta

Jadi saya dan masyarakat Lampung sangat mensupport daerah ini menjadi tuan rumah PON.

Bandarlampung (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin menyatakan dukungannya untuk Provinsi Lampung dan Banten menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXIII Tahun 2032 mendatang.

"Saya mensupport Lampung dan Banten menjadi tuan rumah PON XXIII (La-Ba). Kita harus berani menjadi tuan rumah dan tentunya juga segala sesuatunya harus dipersiapkan," kata Samsudin di sela mengunjungi latihan atlet PON Lampung, di PKOR Wayhalim, Bandarlampung, Rabu.

Ia menyebutkan selama gelaran PON, Provinsi Lampung belum pernah menjadi tuan rumah. Karena itu provinsi ini tak mau kalah untuk turut ambil bagian dengan mencalonkan diri sebagai tuan rumah bersama Provinsi Banten.

Menurutnya, PON XXI tahun 2024 akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara, dan PON XXII berlangsung di NTB-NTT, serta Lampung menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah PON XXIII tahun 2032.

"Lampung memiliki infrastruktur sarana dan prasarana yang cukup bagus. Jadi saya dan masyarakat Lampung sangat mensupport daerah ini menjadi tuan rumah PON," katanya pula.

Untuk merealisasikan rencana menjadi tuan rumah PON, Penjabat Gubernur Lampung itu juga akan mendiskusikan hal tersebut dengan Pemerintah dan KONI Provinsi Banten yang rencananya dilaksanakan di Lampung pada 6 Agustus 2024.

"Ya..saya akan mengundang Pj Gubernur Banten untuk mendiskusikan rencana menjadi tuan rumah bersama PON mendatang," ujarnya lagi.

Sebelumnya kalangan kampus dan masyarakat Lampung juga mendukung Provinsi Lampung menjadi tuan rumah PON tahun 2032.

Wakil Rektor Bidang Non Akademik Institut Teknologi Sumatera (Itera) Dr. Ir. Rahayu Sulistyorini, M.T.  menyatakan siap dan mendukung penuh rencana Lampung menjadi tuan rumah PON.

“Kami sangat mendukung rencana yang disampaikan Ketua Harian KONI Lampung bahwa Lampung dan Banten akan mencalonkan jadi tuan rumah PON. Ini hal yang sangat baik untuk Lampung. Kami sangat setuju dan siap membantu termasuk menyiapkan sarana olahraga yang diperlukan," ujarnya lagi.

Dia menambahkan bahwa saat ini di Itera sudah dibangun beberapa venue olahraga yang dapat dipergunakan, seperti bisbol yang sudah selesai dibangun, kemudian disiapkan lahan untuk cabang olahraga berkuda dan cabang olahraga lainnya.

“Jika persiapan, dilakukan dari jauh-jauh maka ini bukan menjadi hal yang mustahil, dan bisa direalisasikan. Maka dari itu, kami siap untuk itu. Dan kami berdoa ini bisa terealisasi pada saatnya nanti," katanya pula.

Sulistyorini menjelaskan bahwa komitmen Itera sudah jelas dalam mendukung pembinaan dan pengembangan olahraga di Lampung, dengan banyak bekerja sama membantu venue olahraga di kampus juga akan memberikan manfaat untuk mahasiswa.

“Kami sudah bekerjasama dengan Perbasasi, sofbol dan bisbol dan membangun lapangannya di sini. Kemudian berkuda yang juga sudah disiapkan lahannya, dan beberapa kali diselenggarakan event di sini, sehingga makin menarik minat dosen sampai mahasiswa untuk turut berkecimpung di dalamnya," katanya lagi.

Ia menambahkan, ke depan Itera tentu sangat terbuka untuk pengembangan lainnya terkait dukungan untuk tuan rumah PON di Provinsi Lampung.
Baca juga: KONI Lampung monitoring latihan atlet gulat jelang PON
Baca juga: Atlet dayung Lampung sabet medali di JISC 2024