Dinas KPTPH Lampung targetkan tumpang sisip padi seluas 4.500 hektare

id Pertanian lampung, tumpang sisip lampung, penambahan luas tanam lampung

Dinas KPTPH Lampung targetkan tumpang sisip padi seluas 4.500 hektare

Ilustrasi- Lahan pertanian di Lampung yang ada di Kabupaten Pesisir Barat. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Tumpang sisip ini khusus untuk padi saja yang ditanam di sela-sela tanaman lain. Ini akan dilakukan di sembilan kabupaten, antara lain di Kabupaten Tanggamus, Pesawaran, dan Waykanan
Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (KPTPH) Provinsi Lampung menargetkan luas tanam program tumpang sisip padi di Lampung mencapai 4.500 hektare.
 
"Untuk mengatasi serta mengantisipasi mundurnya musim tanam akibat fenomena iklim El Nino yang terjadi tahun lalu, dilakukan beberapa kegiatan, salah satunya penambahan areal tanam, dan dalam pelaksanaan program tersebut ada kegiatan tumpang sisip," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (KPTPH) Provinsi Lampung Bani Ispriyanto di Bandarlampung, Sabtu.
 
Ia mengatakan bahwa dengan target 4.500 hektare, pemenuhan benih berasal dari pemerintah pusat. Dan jumlahnya akan disesuaikan dengan luas lahan yang menjadi target, serta bila ini berhasil akan dikembangkan lebih luas.

Dia menjelaskan tumpang sisip ini dilakukan dengan menanam padi di lahan perkebunan, tepatnya di tengah tanaman perkebunan seperti sawit, karet, dengan jarak tanam 2-3 meter.
 
"Penanaman padi tumpang sisip tersebut dilakukan dengan varietas padi gogo, seharusnya memang varietas Inpago. Kalau padi gogo ini memang tahan kekeringan jadi cocok untuk tumpang sisip," tambahnya.
 
Ia melanjutkan program tumpang sisip tersebut dilaksanakan selain untuk meningkatkan luas tanam, juga mengantisipasi kemarau.
 
"Tumpang sisip ini khusus untuk padi saja yang ditanam di sela-sela tanaman lain. Ini akan dilakukan di sembilan kabupaten, antara lain di Kabupaten Tanggamus, Pesawaran, dan Waykanan," ujar dia lagi.

Menurut dia, dari target luas tanam padi melalui program tumpang sisip ada sebanyak 4.500 hektare itu, telah terealisasi tanam sampai saat ini seluas 1.612 hektare.
 
"Harapannya ini bisa meningkatkan produktivitas lahan pertanian di Lampung selama periode ini juga," katanya.
  

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dinas KPTPH: Target tumpang sisip padi Lampung seluas 4.500 hektare