Rektor Itera harap mahasiswa dapat pengetahuan hukum dari Kejati

id Itera,Kejati Lampung,Rektor Itera berharap mahasiswa dapat pengetahuan,mahasiswa dapat pengetahuan hukum dari Kejati,pen

Rektor Itera harap mahasiswa dapat pengetahuan hukum dari Kejati

Rektor Itera Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, saat mewisuda lulusan program sarjana dan pascasarjana dalam wisuda periode ke-18, di Lampung Selatan, Lampung, Sabtu, (2/3/2024). (ANTARA/HO-Itera)

Bandarlampung (ANTARA) - Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Institut Teknologi Sumatera (Itera) Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha berharap mahasiswa mendapatkan pencerahan terkait pengetahuan hukum dan hak asasi manusia (HAM) yang sangat vital dan mendasar dari Kerja sama yang dibangun dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung.

"Saya berharap mahasiswa bisa mendapat pengetahuan hukum yang mendasar dari kerja sama dan kuliah umum bersama Kejati Lampung, serta diimplementasikan pada program studi masing-masing," kata Rektor Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, di Lampung Selatan, Lampung, Kamis.

Menurutnya, melalui kerja sama yang telah dibangun antara Itera dan Kejati Lampung, dapat mewujudkan pembangunan dan proses pendidikan sesuai dengan kaidah-kaidah aturan perundang-undangan.

"Itera adalah salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki kompetensi pengetahuan dan teknologi karena lebih mengutamakan Iptek. Pemerintah mencanangkan Itera karena disadari bahwa lulusan PTN atau PTS sangat dibutuhkan secara terminologinya di bidang Science, Technology, Engineering, Math (STEM),"

Sehingga, lanjut dia, Itera harus memiliki rasio yang ideal di bidang STEM untuk memajukan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

"Tentunya, Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di bidang saintek harus berbekal integritas, kejujuran dan akhlak, oleh sebab itu kerja sama dengan Kejati Lampung adalah hal yang sangat penting guna mewujudkan itu semua," kata dia.

Sementara, Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung, Nanang Sigit Yulianto, menekankan komitmen pemerintah dalam membangun generasi muda untuk masa depan yang lebih baik.

"Penegakan hukum merupakan tanggung jawab bersama seluruh lapisan masyarakat, dengan fokus pada pencegahan dan penanganan kasus hukum," kata dia.

Sehingga,lanjut dia, kerja sama antara kejaksaan dan institusi pendidikan seperti Itera diharapkan dapat memperkuat upaya pencegahan terhadap kasus hukum, termasuk penyalahgunaan narkoba di kalangan mahasiswa.

"Yang harus dipahami oleh mahasiswa, yakni penegakan hukum harus didasarkan pada kepastian dan keadilan yang merata bagi semua warga masyarakat," kata dia.

Baca juga: Itera dan KLHK tanam 400 bibit pohon peringati Hari Bhakti Rimbawan ke-41

Baca juga: Institut Teknologi Sumatera berkomitmen hasilkan SDM unggul

Baca juga: Itera sabet penghargaan dari DJPb Lampung