Tito berharap maskapai tak naikkan harga tiket pesawat saat mudik Lebaran

id Mendagri,Tito,harga tiket,maskapai,kemenhub

Tito berharap maskapai tak naikkan harga tiket pesawat saat mudik Lebaran

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian (tengah) memberi keterangan saat jumpa pers usai Rapat Koordinasi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Puasa dan Idul Fitri 1445 Hijriah di Jakarta, Senin (4/3/2024). ANTARA/Harianto

Insya Allah akan segera saya sampaikan kepada Pak Menhub, kita akan tindaklanjuti dalam minggu ini, kata Andre

Jakarta (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengharapkan agar Kementerian Perhubungan bisa mengumpulkan maskapai penerbangan agar tidak menaikkan harga tiket pesawat saat mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Kami mohon betul kalau bisa dikumpulkan teman teman airlines (oleh Kementerian Perhubungan) supaya (maskapai penerbangan) janganlah mengambil harga patokan tertinggi, tapi ya yang wajar, yang biasa,” kata Tito dalam Rapat Koordinasi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Puasa dan Idul Fitri 1445 Hijriah di Jakarta, Senin.

Tito meminta hal tersebut kepada Tenaga Ahli Menteri Perhubungan Bidang Pelayanan Transportasi Laut dan Kemaritiman Andre Mulpyana. Hal tersebut penting agar angkutan udara tidak lagi penyumbang inflasi saat HKBN Idul Fitri maupun Natal dan tahun baru.

Tito memimpin rapat yang diinisiasi Badan Pangan Nasional (Bapanas), meminta kepada Kementerian Perhubungan agar bisa mengumpulkan dan berkomunikasi dengan maskapai penerbangan agar tidak memanfaatkan momen mudik Lebaran untuk menaikkan harga tiket pesawat.

“Karena demand-nya (permintaan) tinggi sekali jangan sampai demand-nya tinggi kemudian patokannya tadi mumpung, mereka untung tapi nanti dampaknya transportasi naik inflasi akan naik dan harga pangan juga akan naik,” ucap Tito.

Selain itu, Mendagri juga meminta Kementerian Perhubungan untuk memastikan kesiapan pelabuhan dan bandara dalam mendukung distribusi kebutuhan pokok terutama menjelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2024.

Tenaga Ahli Menteri Perhubungan Bidang Pelayanan Transportasi Laut dan Kemaritiman Andre Mulpyana menyatakan Kementerian Perhubungan telah membentuk strategi untuk mengendalikan tarif angkutan udara sejak tahu lalu.

Meski begitu, dia mengaku akan segera menyampaikan permintaan Mendagri Tito Karnavian kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

“Nanti saya akan sampaikan dengan tim, kebetulan di sini yang mewakili Sekjen adalah Kepala Pusat Pengembangan Transportasi. Insya Allah akan segera saya sampaikan kepada Pak Menhub, kita akan tindaklanjuti dalam minggu ini,” kata Andre.