Gubernur Lampung minta semua pihak berantas peredaran narkoba

id Pemberantasan narkoba, Pemprov Lampung, gubernur Lampung

Gubernur Lampung minta semua pihak berantas peredaran narkoba

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat memberi sambutan dalam kegiatan dialog kepemudaan tentang pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan narkoba. ANTARA/HO-Pemprov Lampung.

Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta semua pihak  berusaha lebih keras memberantas peredaran narkoba di daerahnya.

“Permasalahan penyalahgunaan dan peredaran narkoba menjadi ancaman yang cukup serius bagi berbagai aspek kehidupan dan berbangsa ataupun bernegara,” ujar Arinal Djunaidi, di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan, Provinsi Lampung yang merupakan pintu gerbang Pulau Sumatera sangatlah rentan menjadi perlintasan peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

“Menyikapi hal ini tidak ada pilihan lain selain mengerahkan segala daya dan upaya dari pemerintah dengan bantuan dari semua pihak untuk bekerja keras memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba,” ucapnya. 

Dia menjelaskan peredaran dan penyalahgunaan narkoba merupakan salah satu bentuk kejahatan luar biasa yang berdampak negatif kepada terganggunya kesehatan masyarakat, hingga gangguan kualitas hidup dan kematian.

“Selain itu, kejahatan atas penyalahgunaan dan peredaran narkoba ini juga telah menimbulkan beberapa fenomena kejahatan manusia yang bersifat transnasional. Seperti perdagangan manusia, penyelundupan senjata, kejahatan dunia maya dan lain sebagainya ini harus diberantas dengan baik,” katanya.

Menurut dia, penanganan secara komprehensif dan multidisipliner dalam bentuk komitmen bersama ataupun aksi nyata melalui program pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba (P4GN) sangat penting dilaksanakan.

“Mari kita terus melakukan langkah nyata dalam mencegah peredaran narkoba dan menggelorakan akselerasi perang melawan narkoba, untuk menyelamatkan keluarga, masyarakat, generasi muda dari narkoba. Sehingga bisa menciptakan daerah yang bersih dari narkoba,” tambahnya.

Tanggapan lainnya terkait pemberantasan narkoba di tengah masyarakat dikatakan oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Petrus Golose.

“Lampung sebenarnya bukan lokasi distribusi narkotika, namun adanya banyak pengungkapan kasus narkotika tersebut terjadi karena di sini jadi jalur perlintasan narkoba khususnya ganja,” ujar Petrus Golose.

Ia melanjutkan komitmen untuk mengentaskan peredaran narkoba perlu dilakukan oleh semua pihak, terutama dengan ada dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat.

“Kita harus meningkatkan ketahanan dan perlawanan terhadap penyalahgunaan narkoba, tentu dengan kerja sama dan dukungan dari semua pihak salah satunya pemerintah daerah. Eleminasi narkoba ini bisa menjaga generasi muda kita,” ucap dia lagi.