Disdikbud Metro dorong satuan pendidikan tingkatkan akreditasi

id akreditasi sekolah, pendidikan, disdikbud kota metro

Disdikbud Metro dorong satuan pendidikan tingkatkan akreditasi

Kadisdikbud Metro, Suwandi. (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Metro mendorong satuan pendidikan di kota setempat untuk meningkatkan akreditasi satuan pendidikan tersebut, guna meningkatkan kualitas pendidikan di Bumi Sai Wawai.

Kepala Disdikbud Kota Metro, Suwandi mengatakan, akreditasi merupakan pengakuan pemerintah terhadap pelayanan pendidikan satuan pendidikan tersebut. Dimana, ada tiga level akreditasi yaitu C, B dan A.

"Akreditasi ini sangat penting, karena kalau akreditasinya A berarti kualitas pendidikan di situ bagus. Apalagi Metro sebagai kota pendidikan. Nah ini yang lagi kita dorong," kata dia saat di wawancarai, Minggu.

Ia menjelaskan, saat ini beberapa satuan pendidikan di Kota Metro yang memiliki akreditasi C. Karena itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi ke satuan pendidikan tentang pentingnya akreditasi ini.

"Beberapa waktu lalu kita juga dikunjungi Ketua BAN-S/M Lampung untuk melihat gambaran satuan pendidikan di Metro ini. BAN-S/M juga memberikan saran kepada satuan pendidikan itu apa saja yang harus ditingkatkan," jelasnya.

Salah satu sarananya, lanjut Wandi, yaitu peningkatan mutu lulusan satuan pendidikan ini. Sebab, mutu lulusan berkaitan dengan proses kegiatan belajar mengajar (KBM), mutu guru dan manajemen sekolah.

"Artinya, semakin baik kualitas layanan satuan pendidikan, maka mutu lulusan juga akan semakin baik," paparnya.

Ia menambahkan, akreditasi satuan pendidikan sangat penting karena menggambarkan bagaimana satuan pendidikan tersebut dalam memberikan layanan pendidikan.

Kemudian, akreditasi juga menjadi dasar bagi Disdikbud untuk menentukan kebijakan untuk satuan pendidikan itu.

"Masyarakat juga bisa tahu kualitas layanan pendidikan di satuan pendidikan itu berdasarkan akreditasinya. Karena itu kita terus dorong supaya satuan pendidikan di Metro untuk meningkatkan akreditasinya," tandasnya.