Penjabat Bupati Lampung Barat lepas peserta Rainas XII Tahun 2023

id Lampung Barat ,Lepas peserta Rainas ,Pramuka

Penjabat Bupati Lampung Barat lepas peserta Rainas XII Tahun 2023

Suasanan saat pelepasan peserta Rainas di lobi kantor bupati Lampung Barat. ANTARA/HO-Kominfo Lampung Barat

Lampung Barat (ANTARA) - Penjabat Bupati Lampung Barat Nukman selaku Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka setempat melepas Kontingen Raimuna Nasional (Rainas) XII 2023, di Lobi Kantor Bupati setempat,di Liwa, Sabtu.

"Rainas XII Tahun 2023 difokuskan kepada bidang-bidang pengembangan diri Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial, budaya sebagai Individu dan sebagai anggota masyarakat," kata Nukman.

Ia mengatakan, hal itu dilakukan guna meningkatkan kualitas Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega se-Indonesia, agar siap menghadapi perkembangan zaman dan menjadi bagian dari generasi yang siap menyambut masa keemasan Indonesia di tahun 2045.

"Tujuan Raimuna Nasional salah satunya membina persaudaraan, memperkuat persatuan dan kesatuan, melestarikan kebudayaan, serta meningkatkan kualitas generasi muda dalam kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega tingkat nasional sebagai bekal untuk mencapai standar kecakapan hidup untuk masa depan," kata dia pula.

Dia berpesan kepada seluruh peserta untuk terus berkreasi, berkarya dalam wadah Gerakan Pramuka. Isilah waktu muda dengan kegiatan yang Kreatif, Inovatif, positif dan produktif. 

"Saya yakin generasi muda Lampung Barat adalah generasi yang unggul, generasi yang hebat, generasi yang terus berkarya, dan bukan pemalas," katanya lagi.

Ia berharap Kontingen Raimuna Nasional agar menjaga nama baik Lampung khususnya Lampung Barat, karena mereka yang berangkat bukan hanya mewakili diri sendiri dan Pramuka, tapi mewakili seluruh masyarakat di wilayah itu.

"Ingatlah masa depan bangsa ini akan lebih baik bila pemudanya berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia serta bisa mengamalkan Pancasila, Dasa Darma, untuk menjaga keutuhan Bhinneka Tunggal Ika demi kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar dia.

Kemudian, Nukman menambahkan bahwa pelaksanaan Rainas XII Tahun 2023 dilaksanakan dari tanggal 14-21 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan Graha Wisata (Buperta), Cibubur, Jakarta timur.