Mobilitas masyarakat di libur Idul Adha di Lampung terkendali

id Libur panjang, dishub Lampung, mobilitas masyarakat

Mobilitas masyarakat di libur Idul Adha di Lampung terkendali

Arsip foto - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo saat memberi keterangan. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung mengatakan bahwa mobilitas masyarakat pada periode libur Idul Adha dan libur sekolah masih terkendali.

"Kemarin ada rapat bersama Balai Transportasi Darat terkait dengan antisipasi libur panjang kali ini," ujar Kepala Dishub Provinsi Lampung Bambang Sumbogo, di Bandarlampung, Sabtu.

Ia mengatakan saat ini mobilitas masyarakat masih dalam kondisi yang terkendali.

"Lonjakan mobilitas belum bisa diprediksi lebih lanjut, kalau dilihat dari jumlah normal tentu akan ada peningkatan. Saat ini masih dalam kondisi terkendali," katanya lagi.

Menurut dia, meski tidak ada persiapan yang istimewa dalam menghadapi libur panjang Idul Adha dan libur sekolah, pihaknya tetap berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan langkah antisipasi.

"Langkah antisipasi yang kemarin dilakukan dengan berkoordinasi bersama pihak terkait adalah dengan menyiapkan kapal dan frekuensi penyeberangan untuk di transportasi laut," ujarnya lagi.

Selanjutnya bagi pengguna transportasi darat kapasitas jalan tol, ditambah dengan adanya jalan alternatif dan jalan nasional semua telah memadai bagi pengguna transportasi darat.

"Untuk jalur darat kami sudah belajar dari periode Lebaran. Melihat dari kondisi kemarin untuk kapasitas cukup seperti di jalan tol, jalan nasional semua masih memadai, sebab banyak alternatif dan kepadatan masih bisa diantisipasi," katanya pula.

Dia mengatakan dengan lancarnya saran transportasi, baik darat, laut, dan udara, mobilitas masyarakat yang bepergian selama libur panjang pun dapat berjalan dengan baik.