BPBD Lampung Barat catat 27 bencana terjadi selama Januari-April 2023

id Total bencana ,Lampung Barat,BPBD

BPBD Lampung Barat catat 27 bencana terjadi selama Januari-April 2023

Ilustrasi- Bencana alam tanah longsor di Lampung Barat. (ANTARA/HO)

Lampung Barat (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Barat, mencatat sebanyak 27 kali terjadi bencana, terhitung sejak 1 Januari sampai dengan 29 April 2023.

Kepala BPBD Lampung Barat, Padang Priyo Utomo mengatakan, bencana alam yang sering terjadi di Kabupaten Lampung Barat tersebut yakni pohon tumbang, banjir, tanah longsor dan cuaca ekstrem.

"Bencana yang sering terjadi di Lampung Barat ini pohon tumbang dan tanah longsor, dan beberapa kali terjadi bencana alam, baik sekala kecil hingga sedang dan upaya cepat tanggap sudah kita lakukan," kata Padang, saat dihubungi, dari Lampung Selatan, Sabtu.

Dia mengatakan, bencana alam yang sering terjadi yakni bencana alam, seperti cuaca ekstrim, dimana pihaknya pada akhir bulan April lalu telah mengevakuasi puluhan pendaki Gunung Seminung yang tersambar petir.

Dia mengatakan, dalam menanggulangi bencana alam yang terjadi, pihaknya telah menyiapkan unit taktis di masing-masing Kecamatan baik dari Pusdalops, tim reaksi cepat (TRC), tim SAR dan Satgas-satgas yang ada di masing-masing pekon (desa) hingga kecamatan.

"Untuk menghadapi tahun 2023 ini kan cuaca tidak bisa kita prediksi, tetapi dalam melakukan antisipasi kita melihat dari perkiraan cuaca yang dirilis secara resmi oleh BMKG, karena dari awal tahun kemarin Januari, Februari hingga April Provinsi Lampung dihantam cuaca ekstrem," katanya.

Selanjutnya dia mengatakan, terdapat sejumlah wilayah di Lampung Barat yang rawan terjadi bencana alam tanah longsor.

"Seperti di Pekon Kubu Perahu Kecamatan Balik Bukit, kemudian Kecamatan Sukau perbatasan dengan Oku Selatan, Kecamatan Belalau, Kecamatan Batu Ketulis dan Kecamatan Sekincau," ujar dia.

Kelima Kecamatan tersebut menjadi lokasi rawan terjadinya bencana karena intensitas hujan yang cukup tinggi dan juga dikelilingi wilayah perbukitan di masing-masing sisi jalan yang melewati wilayah tersebut.

Maka dari itu, dirinya mengimbau agar masyarakat tetap waspada, terutama ketika beraktivitas di luar, serta tetap mengikuti informasi dari sumber informasi kebencanaan resmi atau BMKG.