Pemkab Pesisir Barat sebut harga biji kopi capai Rp27 ribu per kilogram

id Harga kopi,Pesisir barat ,petani kopi,kopi lampung

Pemkab Pesisir Barat sebut harga biji kopi capai Rp27 ribu per kilogram

Ilustrasi - Petani kopi di Tanggamus, Lampung. ANTARA/HO

Untuk harga memang sesuai kualitas, saat ini kopi yang bagus yakni Rp27 ribu per kg.

Pesisir Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian setempat menyebutkan harga biji kopi mencapai Rp27 ribu per satu kilogram.

"Sampai saat ini menurut data dan informasi yang kami terima kalau untuk harga kopi masih normal, yakni Rp27.000 dalam satu kilogramnya," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pesisir Barat Unzir, di Krui, Rabu.

Ia menjelaskan, harga kopi saat ini terbagi menjadi dua golongan, yaitu golongan grade kopi yang kualitas bagus dan kualitas biasa.

"Untuk harga memang sesuai kualitas, saat ini kopi yang bagus yakni Rp27 ribu per kg, sedangkan yang biasa Rp26 ribu per kg, tidak berbeda jauh," kata dia pula.

Menurutnya pula, saat ini hasil produksi kopi di Pesisir Barat telah dipasarkan ke pasar lokal maupun luar kota.

"Kalau pemasarannya, para petani kopi biasanya menjual ke pasar-pasar atau pengepul terdekat, namun ada juga yang memang sudah mempunyai langganan yang di jual ke luar kota," ujar dia.

Ia menjelaskan pula untuk jumlah komposisi luas lahan petani kopi di Kabupaten Pesisir Barat seluas 5.470 hektare.

"Memang luas lahan kopi kami tidak seluas kabupaten tetangga, seperti Tanggamus dan Lampung Barat, yang memang mayoritas penduduk menjadi petani kopi," katanya pula.

Dia berharap kepada seluruh petani kopi di Pesisir Barat agar bisa mengelola kebun kopinya secara baik, agar dapat menciptakan kualitas kopi yang bisa bersaing di pasaran.
Baca juga: Panen raya kopi di Tanggamus Lampung hanya 700 kg per hektare
Baca juga: Harga biji kopi di Tanggamus Lampung naik