Wali Kota Bandarlampung: MTQ ke-52 perteguh ukhuwah Islamiah

id Lampung,Bandarlampung,MTQ,MTQ-52

Wali Kota Bandarlampung: MTQ ke-52 perteguh ukhuwah Islamiah

Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana saat menghadiri kegiatan MTQ ke-52 tingkat Kota Bandarlampung. Jumat (5/5/2023). ANTARA/HO-Humas Pemkot Bandarlampung

Tentu kita semua berharap MTQ mampu meningkatkan motivasi terhadap pemahaman isi kandungan dan nilai-nilai Al-Quran, kata dia
Bandarlampung (ANTARA) - Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana berharap Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke- 52 tingkat kota dapat memperteguh ukhuwah Islamiyah – ukhuwah basyariyah dan ukhuwah watoniah khususnya bagi umat Islam setempat.

"MTQ tingkat kota ini dimaksudkan sebagai momentum memperteguh ukhuwah Islamiyah – ukhuwah basyariyah dan ukhuwah watoniah umat Islam di kota ini usai dua tahun tidak dilakukan karena pandemi COVID-19," kata di Bandarlampung, Jumat malam.

Ia juga mengatakan dengan MTQ ke-52 diharapkan dapat lebih meningkatkan pemahaman dan kecintaan umat Islam kepada kitab suci Al-Quran sekaligus membangun hablumminannas dalam hidup dan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan beragama.

"Tentu kita semua berharap MTQ mampu meningkatkan motivasi terhadap pemahaman isi kandungan dan nilai-nilai Al-Quran, lalu memasyarakatkan syiar islam dalam mempelajari Al-Quran di kalangan masyarakat," kata dia.

Wali Kota menegaskan MTQ ke-52 tingkat Kota Bandarlampung dilaksanakan bukan hanya sekedar budaya seremonial yang bernuansakan keagamaan saja.

"Akan tetapi diharapkan kegiatan ini dapat menjadi sarana 'muhasabah' dan 'muraqabah' bagi setiap kaum Muslimin wal Muslimat, dalam menjalankan ibadah," kata dia.

Kegiatan MTQ tingkat Kota Bandarlampung ini, diikuti oleh 414 kafilah dan 2.500 ofisial dari 20 kecamatan di Kota Bandarlampung.

"Kegiatan ini juga dimaksudkan guna mempersiapkan kafilah-kafilah terbaik di kota ini untuk mengikuti ajang MTQ ke-50 tingkat Provinsi Lampung," kata dia.

Diketahui tema MTQ ke-52 ini yakni 'Dengan spirit MTQ Kota Bandarlampung siapkan generasi bertaqwa, amanah, kreatif, berakhlakul karimah, dan berwawasan kebangsaan.

Dalam kegiatan MTQ ke-52 tingkat Kota Bandarlampung ini terdapat delapan kategori yang akan diperebutkan oleh para kafilah-kafilah se-Kota Bandarlampung.