Kabupaten Lampung Selatan miliki tujuh destinasi wisata unggulan

id Destinasi wisata,Lampung selatan,Lampung

Kabupaten Lampung Selatan miliki tujuh destinasi wisata unggulan

Pantau Sanggar di Kalianda Lampung Selatan (ANTARA/Riadi Gunawan)

Lampung Selatan (ANTARA) - Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Selatan, Syaifuddin menyebutkan, kabupaten setempat miliki tujuh destinasi wisata unggulan.

"Kami memiliki 7 wisata unggulan yang memang wajib dikunjungi bila berlibur ke Lampung Selatan," kata Syaifuddin di Lampung Selatan, Rabu (15/03).

Dia mengatakan, tujuh destinasi wisata tersebut, yang paling sering dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dia menyampaikan dari tujuh destinasi wisata unggulan itu yang pertama Pantai Minang Rua, Pantai Kunjir, Air Terjun Way Tayas, Pemandian Air Simpur, WTC,  Gunung Alam Batu, dan Pulau Mengkudu.

Dia mengatakan bahwa Kabupaten Lampung Selatan ini memiliki segudang destinasi wisata, dari ujung Kecamatan Bakauheni sampai ujung Kecamatan Natar. 

"Jadi Lampung Selatan ini memiliki banyak sekali destinasi wisata, termasuk jenisnya juga lengkap, ada wisata bahari, ada wisata alam, hingga wisata religi," katanya pula.

Dia mengatakan, pihaknya akan terus menggali potensi wisata di Lampung Selatan ini, karena masih banyak destinasi wisata yang indah dan harus dipromosikan.

"Kemudian kami juga butuh peran masyarakat, media, untuk menggali potensi wisata dengan cara mempublikasikan agar kita sama-sama membangun wisata Lampung Selatan ini lebih maju lagi," katanya.

Dia menyampaikan, pada tahun 2022 kemarin jumlah wisatawan yang masuk ke Lampung Selatan mencapai 490 ribu wisatawan.

"Penurunan drastis terjadi pada kunjungan wisatawan asing dimana pada tahun 2021 jumlah wisman ada 6.229 orang sedangkan pada tahun 2022 hanya 28 orang saja," kata dia.

Dia mengatakan untuk jumlah keseluruhan kunjungan wisata di Lampung Selatan pada tahun 2021 sebanyak 449.479 sedangkan pada 2022 sebanyak 490.048.