Gereja Katedral Kristus Raja Lampung ajak umat bijak jaga lingkungan

id Hari Natal 2022, katedral Kristus raja, malam natal Lampung

Gereja Katedral Kristus Raja Lampung ajak umat bijak jaga lingkungan

Situasi ibadah malam Natal di Gereja Katolik Katedral Kristus Raja Bandarlampung. Sabtu (24/12/2022). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Gereja Katedral Kristus Raja Bandarlampung dalam pesan Natalnya mengajak umat untuk tetap bergandengan tangan dan bijak menjaga alam serta lingkungan sekitar.

"Pesan Natal kali ini yang disampaikan saat kutbah malam Natal menyangkut beberapa hal yang pertama adalah membina kebhinekaan dan cinta kasih kepada semua orang," ujar Pastor Kepala Paroki Kristus Raja Katedral Tanjung Karang Reverendus Dominus (RD) JB Sujanto, di Bandarlampung, Sabtu.

Ia melanjutkan selain itu pesan Natal kedua dan patut untuk terus dilakukan oleh umat adalah terus menjaga dan memperhatikan alam serta lingkungan sekitar.

"Pesan kedua lebih ke arah ekologis, saat ini banyak sekali bencana alam dan semuanya itu juga karena kelalaian manusia. Oleh karena itu kita bersama harus lebih memperhatikan serta menjaga lingkungan yang juga ciptaan-Nya," ucapnya.

Dia mengatakan dengan adanya kesadaran untuk menjaga alam serta lingkungan maka diharapkan beragam bencana alam dapat diantisipasi.

"Umat harus lebih bijak dalam menjaga alam sebab ini penting, selain itu dalam kehidupan sosial juga kita harus menghapuskan sikap intoleransi serta menjunjung cinta kasih," tambahnya.

Menurut dia umat juga perlu saling bergandengan tangan dan bangkit dari keterpurukan yang menimpa akibat berlangsungnya pandemi COVID-19.

"Karena COVID-19 ini dunia usah, relasi dan banyak hal terpuruk, jadi saya mengajak semua umat untuk bersama saling bergandengan tangan dan bangkit," ujar dia.

Ia mengatakan dengan keanekaragaman yang ada di tengah masyarakat maka akan memperkokoh untuk kembali bangkit dan menjalani kehidupan dengan lebih bersemangat.

"Harapannya sukacita Natal dapat membangkitkan kita dari keterpurukan untuk menjalani semua dengan sukacita pula," katanya lagi.