Krui Pro 2022 upaya bangkitkan pariwisata-UMKM

id Krui,Pesisir barat, Lampung ,Krui Pro 2022

Krui Pro 2022 upaya bangkitkan pariwisata-UMKM

Ilustrasi: Dua Boca sedang berlatih berselancar. Bnadarlampung, (6/6/2022). (ANTARA/HO-Ruth Intan S)

Pesisir Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat, Provinsi Lampung mengatakan  Kejuaraan Selancar Dunia atau "World Surf League" (WSL) Krui Pro 2022 merupakan upaya membangkitkan sektor pariwisata dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah itu. 

"Kita harapkan pariwisata di Pesisir Barat bisa bangkit, salah satu dengan WSL Krui Pro 2022," kata Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal, saat dimintai keterangan, usai kegiatan Krui Festival, di Pesisir Barat, Jumat malam.

Menurut dia, selain sektor pariwisata yang diharapkan bisa bangkit, kegiatan WSL Krui Pro pun menjadi salah satu upaya pemkab dalam mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerahnya.

"Dengan adanya acara WSL Krui Pro ini akan banyak orang dari luar datang ke sini, jadi memang ini yang diharapkan setelah pandemi," kata dia.

Ia pun meminta kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno yang dijadwalkan hadir pada acara ini dapat memberikan motivasi ataupun semangat serta pengetahuan kepada pelaku UMKM di sini.

"Pada Krui Pro kita mengundang Menparekraf, jadi harapan kita kalau pun tidak ada bantuan materi tapi ada nasehat-nasehat ataupun pengetahuan lebih terhadap UMKM agar lebih maju," kata dia.

Sementara Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung, Kusnardi, yang hadir pada acara Krui Festival, mengatakan bahwa, kejuaraan selancar dunia merupakan even yang luar biasa di Lampung.

"Saya kira ini acara yang luar biasa bagi Lampung karena banyak juga kerajinan yang dipamerkan di sini melibatkan seluruh pihak terkait. Apalagi banyak produk olahan dipamerkan  juga. Ini hal yang sangat bagus," kata dia.

Paling potensi di Pesisir Barat yakni destinasi wisatanya, sehingga pengembangan pariwisata di sini harus terus dikembangkan.

"Dalam mengembangkan pariwisata juga harus memiliki banyak manfaat terhadap sektor lainnya, harus dibantu juga UMKM nya yang ada di sini misal kolaborasi dengan industri suvenir ataupun yang lain," kata dia.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2022