Catat jadwalnya, Bandara Taufik Kiemas Pesisir Barat kembali beroperasi

id lampung, pesisir barat, pesibar, bandara, bandar udara, pesawat, susi air, bandara perintis, penerbangan perintis

Catat jadwalnya, Bandara Taufik Kiemas Pesisir Barat kembali beroperasi

Bandara Taufik Kiemas Pesisir Barat kembali beroprasi, Catat jadwalnya (ANTARA/HO-Pemkab Pesisir Barat)

Bandarlampung (ANTARA) - Bandara Muhammad Taufik Kiemas yang berada Pekon Seray, Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat kini segera beroperasi, masyarakat kini akan dimudahkan dalam melakukan perjalanan dari dalam dan luar daerah.

Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) Bandara Muhammad Taufiq Kiemas, Muhammad Subandi mengatakan penerbangan perdana perintis akan di lakukan pada hari Rabu, (12/1/22) dengan rute keberangkatan Krui-Bandarlampung dan Bandarampung-Krui.

“Melalui Bandara Muhammad Taufik Kiemas (Krui) – Bandara Radin Intan ll, dengan maskapai penerbangan Susi Air dan menggunakan jenis pesawat Cessna 208 Grand Caravan berkapasitas 12 orang penumpang,” jelasnya

Subandi mengatakan penerbangan angkutan udara perintis itu diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Penerbangan Udara dan Bandar Udara Binaka Gunung Sitoli, Sumatera Utara sebagai kuasa anggaran.

“Kita hanya sebagai pelayanan rute dan operator Susi Air itu sendiri,” tambahnya.

Subandi mengatakan sebelumnya Bandara Muhammad Taufik Kiemas direncanakan akan beroperasi pada tahun 2021 lalu, akan tetapi karena ada beberapa kendala teknis sehingga pengoperasian bandara tersebut di tunda dan baru akan beroperasi awal tahun 2022.

“Harapan kita dengan beroperasinya Bandara Taufik Kiemas ini bisa menghubungkan daerah-daerah terpencil, tertinggal yaitu daerah yang belum terlayani oleh moda transportasi, guna mendorong pertumbuhan dan stabilitas keamanan negara khususnya di Pesisir Barat,” ungkapnya.

Selain itu, agar memudahkan masyarakat dalam melakukan perjalanan ke Bandar Lampung – Krui, ataupun Krui – ke Bandar Lampung, serta meningkatkan perekonomian yang ada di Pesisir Barat.

“Kita juga berharap animo masyarakat bisa meningkat sehingga dapat menarik maskapai-maskapai lain nya untuk bisa beroperasi di Pesisir Barat,” tuturnya.

Ia menjelaskan untuk penerbangan akan beroperasi 2 hari dalam satu minggu, yaitu pada hari Rabu dan Sabtu, dengan tarif Bandar Lampung – Krui Rp213.400 pada jam penerbangan 08:55 – 09:25 WIB.

“Kemudian Krui-Bandar Lampung Rp178.400 pada jam penerbangan 09:35 – 10:15 WIB,” Pungkasnya.