Objek wisata di Pesawaran sediakan vaksinasi bagi wisatawan

id Corona Lampung, vaksinasi tempat wisata, tempat wisata Lampung,wisata pesawaran

Objek wisata di Pesawaran sediakan vaksinasi bagi wisatawan

Wisatawan memadati tempat wisata bahari di Kabupaten Pesawaran pada libur tahun baru, Sabtu (1/1/2022). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Sejak dibuka hingga pukul 12.00 WIB belum ada wisatawan yang belum divaksinasi, tapi gerai tetap disediakan jadi, yang belum langsung divaksinasi di sana, ucapnya

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran Provinsi Lampung memfasilitasi tempat wisata di daerahnya dengan layanan vaksinasi COVID-19 bagi wisatawan yang belum divaksinasi.

"Pada hari ini kita menyediakan gerai vaksinasi COVID-19 serta petugasnya di beberapa objek wisata," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran, Media Apriliana, di Pesawaran, Sabtu.

Ia mengatakan sejumlah vial vaksin COVID-19 yang disediakan di gerai di tempat wisata tersebut diperuntukkan bagi wisatawan yang belum divaksinasi.

"Tidak banyak vial vaksinnya sebab ini disediakan untuk mengantisipasi adanya wisatawan yang sudah terlanjur datang namun belum divaksinasi secara lengkap," katanya.

Baca juga: Bupati Pesawaran tegur tempat wisata tak terapkan prokes

Menurutnya, gerai vaksinasi COVID-19 di tempat wisata tersebut selain sebagai langkah antisipasi adanya wisatawan yang belum divaksinasi juga sebagai langkah percepatan vaksinasi COVID-19 pada libur tahun baru.

"Selain memberi perlindungan bagi wisatawan juga jadi salah satu bentuk percepatan vaksinasi. Untuk pelaksanaannya nanti yang melakukan skrining status vaksinasi petugas kepolisian dan satgas yang melakukan di posko pantau, bila ada yang belum langsung diarahkan ke gerai vaksinasi," ujarnya lagi.

Hal serupa juga dikatakan pengelola tempat wisata bahari Mutun MS Town, Aan.

Baca juga: Pemprov Lampung ingatkan wisatawan tetap jaga protokol kesehatan di tempat wisata

"Di tempat wisata, sesuai arahan dari Dinas Kesehatan, TNI, Polri telah disediakan gerai vaksinasi bagi wisatawan yang belum ikut vaksinasi tapi sudah terlanjur datang berwisata pada masa libur tahun baru," kata Aan.

Sejak tempat wisata dibuka, belum ada yang belum divaksinasi.

"Sejak dibuka hingga pukul 12.00 WIB belum ada wisatawan yang belum divaksinasi, tapi gerai tetap disediakan jadi, yang belum langsung divaksinasi di sana," ucapnya.