Pemprov Lampung ingatkan wisatawan tetap jaga protokol kesehatan di tempat wisata

id Corona Lampung, protokol kesehatan, tempat wisata, prokes tempat wisata

Pemprov Lampung ingatkan wisatawan tetap jaga protokol kesehatan di tempat wisata

Ilustrasi- Tempat wisata bahari yang ada di Kabupaten Pesawaran Lampung. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Pengelola tempat wisata harus bisa mengawal pengetatan protokol kesehatan di destinasi wisata, jangan sampai kendor untuk mencegah adanya penularan COVID-19 di tempat wisata, katanya

Bandarlampung (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mengingatkan para wisatawan yang hendak berwisata di daerahnya untuk tetap disiplin dan taat menerapkan protokol kesehatan di tempat wisata saat libur tahun baru.

"Kemarin sudah diadakan rapat koordinasi dengan seluruh kabupaten dan kota di Lampung. Untuk tempat wisata yang ditutup hanya di Kota Bandarlampung," ujar Darminto, saat dihubungi di Bandarlampung, Sabtu.

Ia mengatakan, untuk daerah pusat wisata lainnya seperti Kabupaten Lampung Selatan dan Pesawaran tetap membuka tempat wisata dengan memperketat penerapan protokol kesehatan.

Baca juga: Hotel di Lampung perketat protokol kesehatan pada pergantian tahun

"Kita minta wisatawan tetap jaga protokol kesehatan di tempat wisata, terutama di tempat wisata di Kabupaten Lampung Selatan dan Pesawaran yang tetap dibuka pada masa libur ini," ucapnya.

Menurutnya, pengelola tempat wisata juga harus tetap bisa menjaga wisatawan agar dapat berwisata dengan aman dan menerapkan protokol kesehatan.

"Pengelola tempat wisata harus bisa mengawal pengetatan protokol kesehatan di destinasi wisata, jangan sampai kendor untuk mencegah adanya penularan COVID-19 di tempat wisata," katanya.

Dia menjelaskan, meski saat ini belum ada penularan COVID-19 varian baru Omicron di Lampung, masyarakat diharapkan dapat terus menjaga penerapan protokol kesehatan.

Baca juga: Forkopimda Bandarlampung patroli pengamanan malam Tahun Baru

"Tidak ada cara lain untuk mencegah persebaran COVID-19 selain protokol kesehatan ketat, terutama di tempat yang berisiko menyebabkan kerumunan seperti tempat wisata, dan area publik," ucapnya.

Ia melanjutkan, diharapkan dengan mulai membaiknya kasus COVID-19 di Lampung dapat terus terjaga di tahun ini dan dapat memulihkan perekonomian.

"Harapannya terjaga ya situasi saat ini, jadi tempat wisata dan wisatawan juga harus ikut andil menjaga ini karena pariwisata kita dibuka," katanya.