Disnaker Provinsi Lampung catat sebanyak 64,50 persen pemagang diserap perusahaan

id Tenaga kerja Lampung, pemagang Lampung, serapan tenaga kerja

Disnaker Provinsi Lampung catat sebanyak 64,50 persen pemagang diserap perusahaan

Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung, Agus Nompitu. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Lampung mencatat dalam program pemagangan tenaga kerja ada sebanyak 64,50 persen pemagang mampu diterima bekerja oleh perusahaan.

"Pada tahun 2021 ini tercatat 64,50 persen pemagang yang ikut serta dalam program pemagangan tenaga kerja, mampu terserap oleh perusahaan yang ada disini," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung, Agus Nompitu, di Bandarlampung, Kamis.

Dia melanjutkan, sedangkan jumlah total masyarakat yang ikut serta dalam program magang kerja tersebut berjumlah 350 orang.

"Kita bekerjasama dengan Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP) telah memfasilitasi 350 orang untuk magang di 28 perusahaan yang ada di Lampung, dan 266 orang atau 64,50 persennya diterima," katanya.

Menurutnya, dengan diterimanya sebanyak 226 orang peserta magang untuk bekerja di perusahaan itu, diharapkan dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran terbuka dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Ini menjadi salah satu upaya mengurangi tingkat pengangguran terbuka di Lampung, diharapkan juga dengan adanya magang kerja mampu menyerap tenaga kerja di perusahaan hingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Ia menjelaskan, selain memfasilitasi pemagangan bagi masyarakat umum, pemerintah daerah juga terus berupaya memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas untuk berkarya dan memperoleh pekerjaan.

"Kita mendukung kesetaraan bagi penyandang disabilitas untuk dapat bekerja di perusahaan melalui pembentukan Unit Layanan Disabilitas (ULD), dan telah banyak penyandang disabilitas yang mampu berkarya di berbagai perusahaan," katanya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Februari 2021 situasi ketenagakerjaan di Provinsi Lampung tercatat jumlah angkatan kerja berjumlah 4,62 juta orang, meningkat 130,0 ribu orang dari Agustus 2020.

Lalu tingkat pengangguran terbuka sebesar 4,54 persen, dengan jumlah penduduk yang bekerja sebanyak 4,41 juta orang dan mengalami peningkatan jumlah penduduk yang bekerja sebanyak 0,12 persen dari Agustus tahun lalu.