Asisten I Pemkab Pesisir Barat hadiri peringatan Kesaktian Pancasila secara virtual

id lampung, pesisir barat

Asisten I Pemkab Pesisir Barat hadiri peringatan Kesaktian Pancasila secara virtual

Asisten I Pemkab Pesisir Barat hadiri upacara peringatan kesaktian pancasila secara virtual (Antaralampung/Doc Pemkab Pesisir Barat)

Bandarlampung (ANTARA) - Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat Audi Marpi, menghadiri upacara peringatan Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya Jakarta secara virtual.

Upacara ini diikuti juga secara virtual oleh para menteri, pimpinan lembaga negara/instansi pusat, serta keluarga pahlawan revolusi.

Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila itu memimpin prosesi mengheningkan cipta untuk mengenang pahlawan revolusi.

Selanjutnya, dilakukan pembacaan teks Pancasila oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattaliti, pembukaan UUD 1945 oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani naskah ikrar.

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamirkan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan," katanya.

Rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara.

Dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, tambahnya.