RSUDAM Lampung gelar vaksinasi massal bagi masyarakat umum

id Vaksinasi,Vkasin,Covid,Lampung

RSUDAM Lampung gelar vaksinasi massal bagi masyarakat umum

Seorang warga sedang divaksinasi di Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek (RSUDAM). Selasa, (10/8/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Siapa saja boleh divaksinasi di sini meski bukan orang Lampung. Jadi kalau ada orang dari daerah di luar Lampung yang kesulitan mendapatkan vaksinasi untuk persyaratan beraktivitas, kita bantu selagi stok vaksinnya masih ada, kata dia

Bandarlampung (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung menggelar vaksinasi massal guna mempercepat cakupan masyarakat yang mendapatkan vaksin.

"Kita sediakan 400 dosis vaksin perharinya untuk vaksinasi dosis pertama dan kedua," kata Ketua Tim Vaksinator RSUDAM dr Among Sari, di Bandarlampung, Selasa.

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi ini dibatasi perhari hanya 400 dosis guna menghindari kerumunan masyarakat yang sedang antusias untuk mendapatkan vaksin.

"Jadi untuk pendaftaran memang masih offline kita buka sejak pukul 07.00 WIB, bila sudah mencapai 400 orang kita tutup dan mereka bisa kembali lagi di hari yang telah ditentukan untuk vaksinasi massal di RSUDAM ini, sambil kita memperbarui sistem agar bisa online pendaftarannya," kata dia.

Baca juga: Rektor UIN Lampung imbau agar masyarakat tak takut divaksin

Dia mengatakan selain bagi masyarakat umum dengan usia dewasa ataupun lanjut usia (lansia), vaksinasi yang digelar RSUDAM juga diperuntukkan bagi anak-anak usia 12 tahun ke atas.

"Jadi bagi peserta vaksinasi hanya tinggal membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan nomor telepon yang masih aktif," kata dia.

Kemudian, lanjut dia, vaksinasi ini juga tidak dikhususkan bagi masyarakat Lampung atau Bandarlampung saja namun bagi orang yang ber-KTP dari provinsi atau daerah lainnya juga bisa divaksinasi di sini.

Baca juga: Bupati Lampung Tengah tinjau vaksinasi warga binaan di Lapas Gunung Sugih

"Siapa saja boleh divaksinasi di sini meski bukan orang Lampung. Jadi kalau ada orang dari daerah di luar Lampung yang kesulitan mendapatkan vaksinasi untuk persyaratan beraktivitas, kita bantu selagi stok vaksinnya masih ada," kata dia.

Terkait stok vaksin yang tersedia di RSUDAM, ia mengungkapkan saat ini masih aman sebab ketersediaannya dijamin oleh Dinas Kesehatan Pemprov Lampung.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Lampung bertambah 404 orang, meninggal 40

"Jadi vaksin yang ada di sini, kita didroping oleh Dinkes Lampung, jadi selama vaksin di provinsi masih ada stok, vaksin massal di RSUDAM juga aman. Semoga saja vaksinnya terus tersedia sehingga pelaksanaan ini bisa dilakukan seterusnya sampai cakupan vaksinasi mencapai target," kata Among Sari.

Pelaksanaan vaksinasi massal dosis pertama dan kedua di RSUDAM terjadwal di hari Senin, Kamis, dan Sabtu dari pukul 08.00WIB hingga 2.00 WIB serta Jumat pukul 08.00 WIB-12.00 WIB.