Ketua Dekranasda Lampung dorong pelaku UMKM aktif pamerkan produk

id Ekonomi Lampung, UMKM Lampung, dekranasda lampung

Ketua Dekranasda Lampung dorong pelaku UMKM aktif pamerkan produk

Salah satu produk batik milik UMKM Lampung tengah dipamerkan dalam bazar rutin mingguan. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

Bimbingan pengembangan produk bagi perajin terus dilakukan untuk membantu UMKM dapat terus berkembang dan berproduksi meski di tengah pandemi COVID-19, ujarnya
Bandarlampung (ANTARA) - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung Riana Sari Arinal mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Lampung aktif memamerkan produknya guna mendorong perluasan pasar.

"Pelaku UMKM Lampung sebaiknya sering ikut serta dalam pameran, sebab pameran merupakan salah satu bentuk kita membantu memperluas pasar atas produk UMKM yang ada," ujarnya di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan untuk mendorong pelaku UMKM agar dapat rutin memamerkan produk UMKM, pemerintah pun harus memberi fasilitas yang mendukung UMKM untuk maju.

Baca juga: Lima UMKM Tapis Lampung lolos kurasi Dekranas perkenalkan produk lokal

"Pemerintah juga harus punya program untuk UMKM dengan menyiapkan tempat untuk mereka, sehingga UMKM dapat memajang produk dan masyarakat di luar atau dalam Lampung dapat tahu hingga membeli produk," ucapnya.

Menurutnya, dengan adanya sinergisitas tersebut diharapkan dapat membangkitkan perekonomian masyarakat terutama UMKM.

"Otomatis perekonomian masyarakat berjalan, lalu untuk aparatur sipil negara pun dapat ikut membantu dengan cara ikut berbelanja produk UMKM asli Lampung," katanya.

Riana Sari mengatakan, bimbingan bagi perajin juga terus dilakukan untuk membantu pelaku UMKM di Lampung dapat terus berkembang meski di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Baca juga: KWT Lampung manfaatkan lahan pekarangan cegah konflik gajah dengan manusia

"Bimbingan pengembangan produk bagi perajin terus dilakukan untuk membantu UMKM dapat terus berkembang dan berproduksi meski di tengah pandemi COVID-19," ujarnya.

Guna mendukung pelaku UMKM untuk terus berproduksi di masa pandemi COVID-19, Pemerintah Provinsi Lampung telah melakukan sejumlah upaya, salah satunya dengan melaksanakan bazar rutin, serta akan memfasilitasi pelaksanaan pameran produk UMKM melalui kegiatan Lampung Craft.