Gubernur Lampung berikan uang tali asih Rp100 juta untuk lifter Citra Febrianti

id lifter lampung, tali asih, citra febrianti, olimpiade london

Gubernur Lampung berikan uang tali asih Rp100 juta untuk lifter Citra Febrianti

Gubernur Lampung berikan uang tali Rp100 juta untuk lifter Citra Febrianti (ANTARA/HO)

Mereka diajak bicara dan berbagi pengalaman di depan atlet sekarang untuk memotivasi atlet muda mencapai prestasi tertinggi, tambahnya

Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memberikan uang tali asih sebesar Rp100 juta kepada lifter angkat besi asal Lampung Citra Febrianti peraih medali perak Olimpiade London 2012. 

"Ini bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi Lampung atas prestasi Citra Febrianti yang mengharumkan nama Indonesia umumnya khususnya Lampung," kata Arinal,  pada penyerahan tali asih kepada peraih medali perak Olimpiade, di Bandarlampung, Jumat. 

Ia juga meminta KONI Lampung untuk tak melupakan para atlet berprestasi pada masa lalu asal daerah ini.

Baca juga: Ketua Umum Persani optimistis pesenam Lampung raih medali emas PON

Menurutnya,  sejarah olahraga tidak akan ada tanpa para juara masa lalu. Maka ini harus dihargai sebagai bagian dari sejarah olahraga di Lampung.

Arinal juga meninta KONI Lampung untuk mengumpulkan kembali mantan-mantan atlet berprestasi yang pernah mengharumkan nama Lampung atas prestasinya dalam sebuah pertemuan yang juga dihadiri oleh para atlet Lampung.

"Mereka diajak bicara dan berbagi pengalaman di depan atlet sekarang untuk memotivasi atlet muda mencapai prestasi tertinggi," tambahnya.

Baca juga: Ketua Umum KONI Lampung optimistis capai 10 besar PON XX

Di sisi lain,  Gubernur Lampung itu juga menegaskan kepada Ketua KONI Lampung harus terus melakukan evaluasi kinerja para pengurus KONI. 

"Pengurus KONI yang tidak produktif silahkan aja diganti. Semua harus mendukung Lampung untuk mengembalikan kejayaan olahraga Lampung. Harus kompak. Kalau memang nanti hasilnya bagus, kita kasih tambahan insentif sebagai penghargaan hasil kerja," ungkapnya.

Citra memperoleh predikat medali perak di Olimpiade London 2012 lantaran dua lifter di atasnya yakni peringkat 1 dan 3 tersandung kasus doping yang dilakukan oleh IOC.

Baca juga: Lampung siap gelar Kejurnas Karate PPLP awal Juli

Lifter putri asal Lampung itu sebelumnya berada di peringkat 4 akhirnya naik ke peringkat kedua dan berhak atas medali perak.

Ia baru mengetahui mendapatkan medali perak setelah sembilan tahun berlangsung penyelidikan atas doping seluruh atlet peserta olimpiade.

Citra Febrianti saat ini menderita sakit tulang belakang yang retak dan memerlukan perawatan intensif.