Indonesia dan China gelar latihan militer di dekat Jakarta

id milier China-Indonesia, China kirimkan bantuan kapal selam KRI Nanggala,China ikut misi pencarian KRI Nanggala,kerja sam

Indonesia dan China gelar latihan militer di dekat Jakarta

Kapal perusak rudal tipe 052D milik Angkatan Laut China bersama kapal lainnya memasuki wilayah garis khatulitisiwa. (ANTARA/HO-PLA Navy/mii)

Beijing (ANTARA) - TNI Angkatan Laut Indonesia dan Angkatan Laut China menggelar latihan militer bersama di perairan dekat Jakarta.

Latihan yang berlangsung pada 8 Mei itu untuk meningkatkan koordinasi dalam menghadapi situasi darurat di laut, demikian CGTN, saluran penyiaran resmi China, Senin.

Dalam video berdurasi 47 detik tersebut, CGTN menayangkan gambar pengerahan dua unit kapal fregat berpeluru kendali milik China, Liuzhou dan Suqian, berikut kesiapsiagaan para personelnya dalam menghadapi latihan bersama TNI-AL.

Dari pihak TNI-AL mengerahkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Usman Harun dan KRI Halasan yang masing-masing berjenis fregat dan pengawal rudal.

Materi latihan bersama itu meliputi komunikasi, operasi pencarian dan penyelamatan, serta formasi manuver.

Sebelumnya militer China juga mengerahkan armadanya untuk membantu pengangkatan puing-puing kapal selam KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan utara Bali.

Ada tiga kapal AL China yang dikirimkan untuk membantu pengangkatan KRI Nanggala-402, salah satunya adalah Hull-863 yang berbobot mati 13.000 ton.

Ketiga kapal China itu berbeda dengan kapal yang dikerahkan untuk latihan bersama TNI-AL di Jakarta.