DPMPTSP Lampung Tengah target nilai investasi 2021 naik

id Investasi,lampung tengah, pmn, pmdn

DPMPTSP Lampung Tengah target nilai investasi 2021 naik

Kepala DPMPTSP, A Helmi Z saat diwawancarai dikantornya. (Antaralampung.com/Hendra Kuniawan)

Lampung Tengah (ANTARA) - Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menargetkan nilai investasi dari penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) tahun 2021 ini mengalami kenaikan sebesar 10 dan 12 persen.  

"Untuk tahun 2021 dari PMA kita target naik 10 persen sekitar Rp4 triliun lebih. Sedangkan untuk PMDN target kita naik 12 persen," kata Kepala DPMPTSP Lampung Tengah, Ahmad Helmi Z, Senin.

Helmi menjelaskan, investasi yang masuk ke Lampung Tengah dari tahun 2019 cenderung terus mengalami peningkatan. Dimana, pada tahun 2019 investasi dari PMA sebesar Rp3 triliun lebih, sedangkan dari PMDN sebesar Rp9 triliun lebih. 

"Untuk tahun 2020 investasi dari PMA tidak mengalami peningkatan. Tapi dari PMDN naik 10 persen menjadi Rp10 triliun," jelasnya. 

Dikatakanya, total perusahaan baik itu PMA dan PMDN di Lampung Tengah dari tahun 2019 juga naik. 

"Tahun 2019 ada 32 PMA dan tahun 2020 ada 33 PMA. Sedangkan PMDN tahun 2019 ada 124 dan tahun 2020 naik menjadi 163. Perusahaan ini bergerak di bidang pertanian seperti tebu, singkong, kemudian peternakan ayam, sapi dan lainya," katanya. 

Pihaknya, mengaku optimistis target investasi tersebut bisa tercapai. Sebab, potensi Lampung Tengah sangat banyak mulai dari bidang pertanian, perkebunan, peternakan dan lainya. 

"Memang pandemi COVID-19 ini cukup berdampak pada investasi. Tapi kami yakin tahun 2021 ini bisa meningkat investasi yang masuk di Lampung Tengah. Karena kita memiliki banyak potensi," ucapnya. 

Helmi memastikan Lampung Tengah saat ini aman untuk berinvestasi. Pihaknya juga akan memberikan kemudahan perizinan bagi investor yang akan masuk ke kabupaten tersebut. 

"Potensi kita banyak. Kemudian juga nyaman, kemudahan berusaha, izin akan kita berikan dan tenaga kerja juga tersedia di Lampung Tengah ini. Jadi jangan takut jika ingin berinvenstasi," tutup dia. 
Pewarta :
Editor : Agus Wira Sukarta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar