Lampung mulai vaksinasi COVID-19 bagi lansia

id Corona Lampung, vaksinasi Lampung, vaksinasi lansia

Lampung mulai vaksinasi COVID-19 bagi lansia

Salah seorang lansia di Kota Bandarlampung tengah melaksanakan vaksinasi COVID-19. Bandarlampung, Jumat 5/3/2021 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mulai melaksanakan vaksinasi COVID-19 bagi orang lanjut usia yang berada di Kota Bandarlampung.

"Hari ini kita laksanakan vaksinasi COVID-19 bagi lansia, untuk membantu Kabupaten dan Kota," ujar  Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana, di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan vaksinasi COVID-19 bagi lansia dilakukan untuk menjaga imunitas para lansia dari COVID-19.

"Ini upaya kita menjaga lansia dari paparan COVID-19, dan sifatnya ini dilakukan di ibu kota provinsi dahulu baru nanti ke kabupaten," ucapnya.

Menurutnya, bagi lansia yang hendak melaksanakan vaksinasi dapat segera melakukan pendaftaran di situs yang telah disediakan oleh pemerintah dan kementerian kesehatan, serta selanjutnya langsung dapat melakukan registrasi.

"Lansia dapat mendaftarkan diri dengan bantuan anggota keluarga ataupun RT/RW setempat, registrasi harus dilakukan meski nanti bila ada kesulitan kita bantu catat secara manual," katanya.

Tanggapan positif dikatakan oleh salah seorang lansia di Kota Bandarlampung, Sunyoto.

"Hingga saat ini belum ada efek samping yang dirasakan, dan tadi pelaksanaan vaksinasi cukup cepat serta tanpa terasa," ujar Sunyoto.

Ia menjelaskan dengan adanya pelaksanaan vaksinasi COVID-19 diharapkan dapat memotivasi lansia lain untuk ikut serta dalam program vaksinasi COVID-19.

"Saya kira dari sistem pengaturan sudah teratur dan cukup mudah di mengerti oleh kami para lansia, dan diharapkan sosialisasi dapat terus dilakukan agar program vaksinasi COVID-19," katanya lagi.