Miliki alat TCM, RSUD A Yani Metro bisa tes swab mandiri

id Covid19

Miliki alat TCM, RSUD A Yani Metro bisa tes swab mandiri

Juru bicara gugus tugas COVID-19 Kota Metro, Nasir AT. (Antaralampung.com/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jenderal Ahmad Yani Kota Metro sudah bisa melakukan swab test secara mandiri. Pasalnya, rumah sakit tersebut sudah memiliki alat tes cepat molekuler (TCM).

"Iya sudah bisa sendiri, karena sudah punya alat TCM. Kalau di provinsi itukan PCR memang lebih canggih. Kalau TCM itu masih di bawahnya, tetapi untuk akurasinya juga bagus," kata Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kota Metro, Nasir AT, Senin. 

Menurutnya, dengan alat ini penanganan COVID-19 di Kota Metro akan lebih cepat, sebab hasil tes swab pasien akan lebih cepat diketahui. 

"Iya kan lebih cepat keluar hasilnya. Jadi penanganan juga cepat. Kalau dulu kan nunggu lama, jadi penanganannya juga lama. Karena lama itu pasien sudah kemana-mana tidak tahunya positif," paparnya. 

Nasir melanjutkan, pasien 06 Kota Metro yakni seorang perempuan berusia 45 tahun asal Metro Pusat  juga ikut tes swab menggunakan alat TCM milik RSUD Jenderal Ahmad Yani.

Namun, untuk tes swab yang ketiga dan keempat nantinya tetap akan menggunakan PCR untuk menentukan sembuh atau belum pasien tersebut. 

"Iya untuk memastikan lagi. Memang TCM sudah bagus, tetapi karena ini untuk melihat pasien sembuh atau belum makanya tetap menggunakan PCR," tambahnya. 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar