Bupati Winarti kunjungi tempat usaha pastikan penerapan normal baru

id Lampung, tulangbawang, bmw

Bupati Winarti kunjungi tempat usaha pastikan penerapan normal baru

Bawang Winarti  memastikan akan tetap meperketat menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 di Kabupaten berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur. (Foto : Antaralampung/ho/Tulangbawang)

Setiap tempat usaha wajib mematuhi protokol yang sudah ditetapkan....

Bandarlampung (ANTARA) - Dalam pelaksanaan menuju "new normal", Bupati Tulangbawang Winarti memastikan akan tetap memperketat menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 di Kabupaten berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur.

Untuk menerapkan kebiasaan baru tersebut, Pemerintah Kabupaten Tulangbawang telah bersiap diri menuju pola hidup baru yang beradaptasi pada situasi pandemi Virus Corona Disease 2019 dengan menerapkan aturan atau regulasi protokol pencegahan di beberapa lokasi dan tempat yang dianggap rentan terjadi penyebaran penyakit.

Untuk penerapan normal baru, Bupati Tulangbawang Winarti menyempatkan mengunjungi beberapa lokasi, di antaranya BD Swalayan Unit II, Bank Mandiri, Waterboom Tirta Garden, Hotel Le-Man, Pul Bus Puspa Jaya, dan beberapa sektor lainnya.
Baca juga: Pemkab Tulangbawang siap salurkan BLT dana desa tahap I
 

Tujuan mengunjungi lokasi-lokasi tersebut, untuk memastikan bahwa setiap sektor usaha diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan, di antaranya dengan memperbanyak tempat cuci tangan, penggunaan masker, membuatkan titik-titik jalur dalam memasuki suatu lokasi, dengan tujuan menjaga jarak dan menghindari berdekatannya pengunjung.

"Setiap tempat usaha wajib mematuhi protokol yang sudah ditetapkan, semoga ini dapat dipahami. Khususnya angkutan orang seperti Bus Puspa Jaya untuk bisa memberikan tempat duduk satu orang satu tempat duduk, dan maksimal 50 persen harus diisi oleh pihak bus, agar bisa menghindarkan penyebaran COVID-19," katanya pula.

Winarti menjelaskan, bagi petugas diharuskan menggunakan pelindung diri seperti pelindung muka, sarung tangan dan di depan kasir dibuatkan sekat pembatas. Juga disediakan wadah uang untuk kasir dan pengunjung agar kasir dan pengunjung tidak bersentuhan. 

Tempat wisata dan pertokoan harus rajin membersihkan tempat-tempat yang sering secara sengaja disentuh oleh tangan, seperti pintu, tiang atau meja. 

"Hal ini diharapkan dapat dilakukan sesuai dengan apa yang diinstruksikan, sehingga masyarakat Tulangbawang dapat merasa tenang, aman, nyaman dan terhindar dari COVID-19 dalam melaksanakan new normal dalam kehidupan sehari-hari," kata Bupati Winarti mengharapkan.
Baca juga: Bupati Winarti serahkan bantuan KPM kepada masyarakat

Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar